Sukses


Profil: Guangzhou Evergrande, Tim Tiongkok Beraroma Samba

Bola.com - Berbekal kucuran duit tak terhingga dari taipan properti, Guangzhou Evergrande, menjadi kekuatan yang menakutkan di Tiongkok. Kini, pasukan asuhan Luiz Felipe Scolari mengincar kesuksesan lebih besar, Piala Dunia Antarklub.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemain dan pelatih dengan nama tenar didatangkan ke Tianhe Stadium. Rekrutan pertama tim berjuluk Southern China Tigers pada era manajemen baru adalah striker timnas Tiongkok, Gao Lin, dengan biaya 6 juta yuan. Tak berapa lama setelahnya, mereka juga memboyong Sun Xiang, pemain Tiongkok pertama yang bermain di Liga Champions bersama PSV Eindhoven.

Kendati demikian, mereka mengubah kebijakan dengan memboyong pemain-pemain dari Amerika Selatan, yakni Muriqui dari Atletico Mineiro dengan harga 23 juta yuan. Pada 2011, Guangzhou kembali mendatangkan pesepak bola dari benua tersebut dengan membeli Dario Conca dari Argentina dan Cleo asal Brasil.

Tak puas dengan kinerja pelatih Lee Jang-soo, mereka membawa pelatih bertangan dingin asal Italia, Marcello Lippi, pada 2012. Di bawah mantan pelatih Juventus itu, Guangzhou menjadi kekuatan yang ditakuti di Asia. Guangzhou memenangkan liga selama dua kali secara berturut-turut dan itu merupakan rekor baru di Liga Tiongkok. Mereka juga mendapatkan Piala Liga Tiongkok dan Piala Super pada tahun yang sama.

Memasuki musim 2013, Guangzhou memperkuat skuatnya lagi dengan mendatangkan Zeng Cheng dan Elkeson asal Brasil. Kedatangan mereka membantu tim meraih gelar Liga Tiongkok tiga kali berturut-turut. Setelah kepergian Lippi, Guangzhou sempat melempem di bawah asuhan Fabio Cannavaro. Namun, kini Guangzhou mendatangkan eks pelatih tim nasional Brasil, Luiz Felipe Scolari.

Praktis, kedatangan Scolari membuat permainan mereka kian mirip dengan tim-tim Samba. Tercatat ada lima pemain Brasil di tim yang menjadi kampiun Liga Tiongkok musim ini. Kelima pemain itu adalah Robinho, Ricardo Goulart, Elkeson, Paulinho, dan Alan.

Dengan memenangkan Liga Champions Asia, Guangzhou memastikan satu tempat di Piala Dunia Antarklub 2015. Akan tetapi, saat berlaga di turnamen tahunan itu, mereka harus menemui tantangan berat. Pasukan Scolari akan berhadapan dengan juara Eropa, Barcelona, pada Kamis (17/12/2015) petang WIB.

Profil Singkat Guangzhou Evergrande:
Nama Lengkap: Guangzhou Evergrande Taobao Football Club
Berdiri: 8 Januari 1993
Pelatih: Luiz Felipe Scolari
Prestasi:
- China Super League: 2011, 2012, 2013, 2014, 2015
- China Jia-B League / China League One: 1956, 1958, 1981, 2007, 2010
- China FA Cup: 2012
- China Super Cup: 2012
- AFC Champions League: 2013, 2015

 

Video Populer

Foto Populer