Sukses


10 Transfer Termahal pada Bursa Transfer Januari 2016

Bola.com — Bursa transfer Januari 2016 di kompetisi Eropa telah resmi ditutup terhitung sejak 1 Februari pukul 23.00 waktu setempat. Meski tak ada transfer yang mengejutkan, tetap ada pemain yang dibeli dengan nilai yang cukup besar. 

Secara keseluruhan, sebagian besar klub-klub top Eropa tak terlalu aktif pada bursa transfer musim dingin tahun ini. Dua raksasa La Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, misalnya, yang tak membeli pemain baru.

Di Italia, AS Roma menjadi klub yang paling serius menambah kekuatan dengan mendatangkan enam pemain yang telah menghabiskan dana hingga 26,8 juta euro. Sementara itu, Juventus dan Inter Milan memboyong satu pemain, Napoli mengaet tiga pemain, serta AC Milan yang tak mengeluarkan dana ketika mengontrak Kevin Prince-Boateng.

Klub-klub besar Inggris yang biasanya boros pada bursa transfer justru tidak banyak membeli pemain baru. Chelsea, misalnya, yang hanya menggaet Matt Miazga dengan biaya 4,6 juta euro, Arsenal (Mohamed Elneny; 4 juta euro), Liverpool (Marko Grujic; 7 juta euro), Manchester City (Anthony Caceres; 32 ribu euro). Adapun Manchester United tidak merekrut satu pemain pun. 

Hal serupa juga terjadi pada klub Bundesliga Jerman. Bayern Munchen dan Borussia Dortmund sama sekali tidak menambah kekuatan, sedangkan Borussia Monchengladbach menjadi klub Jerman yang paling banyak mengeluarkan dana, yaitu 10,5 juta poundsterling untuk membeli dua pemain.

Menariknya, aktivitas transfer termahal sepanjang Januari justru dilakukan klub-klub medioker dan klub di Tiongkok. Bahkan, jumlah nominal perputaran uang dalam transfer Tiongkok bisa bertambah besar lantaran jendela transfernya baru akan ditutup pada 26 Februari mendatang. 

Ramires menjadi pemain termahal dengan harga 28 juta euro ketika ditebus Jiangsu Suning dari Chelsea pada 27 Januari 2016. Sementara itu, di tempat kedua tercatat nama mantan pemain FC Porto, Giannelli Imbula yang bergabung dengan Stoke City dengan harga 24,25 juta euro.

Elkeson yang digaet Shanghai SIPG dari Guangzhou Evergrande Taobao seharga 18,5 juta euro pada 21 Januari 2016 menjadi pemain termahal ketiga. Selain itu, mantan penyerang AS Roma, Gervinho, yang bergabung dengan Hebei China Fortune dengan nilai transfer 18 juta euro berada di posisi keempat. 

Sementara itu, Oumar Niasse menjadi pemain kelima dengan nilai transfer termahal pada bursa transfer Januari 2016. Striker berusia 25 tahun itu dipinang Everton dari Lokomotiv Moscow dengan mahar 17,9 juta euro.

Berikut ini 10 Transfer Termahal Klub-klub Pada Januari 2016:

10 Transfer Termahal Klub-klub Pada Januari 2016 (Bola.com/Samsul Hadi)

Sumber: Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer