Sukses


7 Bintang Sepak Bola yang Lahir pada Tahun Monyet

Bola.com — Beberapa masyarakat di penjuru dunia merayakan Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada Senin (8/2/2016). Sejumlah bintang sepak bola di Eropa pun tak ketinggalan ikut serta memeriahkan perayaan, yang dalam zodiak Tiongkok itu, dikenal sebagai tahun monyet api.

Bomber Barcelona, Neymar, misalnya, yang secara khusus mengucapkan perayaan Imlek menggunakan bahasa Tiongkok melalui akun resmi Blaugrana. Mantan penyerang Santos itu merupakan salah satu pesepak bola ber-shio monyet lantaran lahir pada 5 Februari 1992.

Menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok, pemilik shio monyet memiliki berbagai macam karakteristik, di antaranya tidak mau terkekang, cerdik, inovatif, tenang, dan jujur. Namun, shio monyet api juga memiliki sifat yang buruk, seperti keras kepala, pemarah, egois, dan sombong.

Selain Neymar, beberapa pesepak bola lain yang memiliki shio sama pun merayakan Imlek. Berikut ini adalah daftar pemain-pemain tersebut: 

1.Neymar

Bintang Barcelona, Neymar.

Neymar lahir di Brasil, pada 5 Februari 1992. Namanya mulai dikenal ketika memutuskan hijrah dari Santos ke Barcelona pada musim panas 2013. 

Pada 2015, Neymar menjadi salah satu pemain penting saat Barcelona meraih lima trofi. Berkat hal tersebut, Neymar berhasil menembus tiga besar FIFA Ballon d'Or 2015, di bawah Lionel Messi dan penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. 

Tiga tahun di Barcelona, Neymar mempersembahkan total tujuh gelar. Pemain berusia 24 tahun itu dianggap memiliki karakter cerdik dan inovatif seperti yang sering ditunjukkannya dalam setiap pertandingan.

2. Mario Gotze

Gelandang Bayern Munchen asal Jerman, Mario Gotze. (AFP/Christof Stache)

Lahir pada 3 Juni 1992, Gotze dikenal memiliki kepribadian yang tenang saat di dalam dan luar lapangan. Di boyong dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer sebesar 45 juta euro, gelandang asal Jerman itu tampil sebagai figur penting bersama Bayern Munchen dan timnas Jerman.

Gotze telah mempersembahkan dua trofi Bundesliga, dan DFB Pokal dan DFL Supercup, untuk FC Holywood. Dia juga berperan besar saat membawa Jerman meraih trofi Piala Dunia 2014 lewat gol "semata wayang"-nya. 

3. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho (Pornchai Kittiwongsakul/AFP)

Philippe Coutinho memulai petualangan di Eropa bersama Inter Milan pada 2010. Karier pemain yang lahir 12 Juni 1992 itu, tidak berjalan mulus bersama Il Nerrazurri. Dia sempat dipinjamkan ke Espanyol pada musim 2011-12, dan akhirnya dilego secara permanen ke Liverpool, musim berikutnya.

Setelah berlabuh ke Stadion Anfield, Coutinho mulai menunjukkan permainan terbaiknya. Meski belum mempersembahkan trofi untuk skuat The Reds, gelandang asal Brasil tersebut pernah mendapat penghargaan pemain terbaik Premier League pada Februari 2015.

4. John Terry

John Terry (Reuters/ John Sibley)

Berseragam Chelsea sejak dari akademi pada 1998, John Terry menjelma sebagai salah satu pemain tersukses sepanjang sejarah sepak bola Inggris. Lahir di London, 7 Desember 1980, pemain berusia 35 tahun itu mempersembahkan total 14 trofi selama karirnya di Stamford Bridge.

Meskipun memiliki catatan mengkilap, Terry dianggap memiliki sifat egois laiknya pemilik shio monyet. Maklum, pada 2010, kapten The Blues tersebut sempat terlibat kasus setelah berkencan dengan pacar Wayne Bridge, yang saat itu merupakan rekan Terry di timnas Inggris. 

5. Steven Gerrard

Mantan kapten Liverpool, Steven Gerrard. (AFP/Peter Parks)

Gerrard mengawali karier sebagai pesepak bola profesional bersama Liverpool pada musim 1998-1999. Pria yang lahir 30 Mei 1980 itu, mencetak 186 gol dari 708 penampilan di seluruh kompetisi. 

Selama 17 tahun berseragam Liverpool, Gerrard mempersembahkan total tujuh trofi, termasuk satu trofi Liga Champions (2005). Namun, pemain yang saat ini membela LA Galaxy itu, belum sekalipun memberikan trofi Premier League untuk tim asal Merseyside tersebut.

6. David Alaba

Bek Bayern Munchen, David Alaba. (ESPN)

Sebelumnya, tidak banyak yang mengenal sosok Alaba. Pemain asal Austria yang lahir pada 24 Juni 1992 itu saat ini adalah sosok penting di barisan pertahanan Bayern Munchen.

Setelah sempat "disekolahkan" ke Hoffeinheim pada musim 2010-11, Alaba tampil gemilang dalam beberapa kesempatan. Total, dia kini sudah mempersembahkan 11 trofi selama empat tahun karirnya bersama FC Holywood.

7. Mohamed Salah

Ekspresi pemain AS Roma, Mohamed Salah, setelah mencetak gol pertama ke gawang Bayer Leverkusen dalam laga Grup E Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (5/11/2015) dini hari WIB. (AFP Photo/Andreas Solaro)

Pemain kelahiran Mesir, 15 Juni 1992 itu, memulai petualanganya di Eropa bersama FC Basel pada 2012. Pemain berusia 23 tahun itu membukukan 20 gol dan 17 assist, dari 76 penampilan bersama klub asal Swiss tersebut.

Dua tahun berselang, Chelsea resmi mendaratkan Salah ke Stamford Bridge. Namun, kariernya meredup bersama The Blues lantaran kalah bersaing dengan Eden Hazard dan Oscar. Dia pun hanya bertahan selama satu musim sebelum dipinjamkan ke Fiorentina dan AS Roma. 

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer