Sukses


8 Transfer Termahal di Kompetisi Serie A Italia

Bola.com, Jakarta Kompetisi Serie A Italia pernah menjadi primadona bagi para pesepak bola dunia. Banyak pemain yang menjadikan Italia sebagai tujuan kariernya. Hal tersebut didukung oleh kekuatan finansial klub-klub Serie A yang mampu menebus pemain dengan harga tinggi.

Namun, gemerlap kompetisi sepak bola di Italia meredup ketika skandal pengaturan skor menyeruak. Kompetisi Serie A yang merupakan primadona mulai ditinggal para bintang dan hanya dijadikan sebagai pilihan terakhir para pesepak bola.

Menurunnya reputasi sepak bola Italia diperparah dengan memburuknya kondisi finansial klub-klub tersebut. Pemilik klub yang tadinya gemar menghamburkan uang untuk mendatangkan pemain bintang kehilangan daya beli dan akhirnya hanya mendatangkan pemain dengan cara meminjam. Hanya beberapa klub kaya seperti Juventus, AS Roma dan Napoli yang masih mampu beli pemain dengan harga tinggi.

Berikut daftar transfer termahal di kompetisi Serie A Italia:

2 dari 9 halaman

8

8. Gonzalo Higuain (€ 38 juta)

8 transfer termahal Serie A. (AFP)
Gonzalo Higuain dibeli Napoli dari Real Madrid dengan harga 38 juta euro (Rp 549,5 miliar). Setelah kalah bersaing dari Karim Benzema, striker asal Argentina ini ramai diberitakan akan menuju Premier League dengan Arsenal menjadi klub terdepan.

Namun Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, membuat pengumuman mengejutkan yang menyatakan kalau Higuain sudah lolos tes medis di Partenopei.

3 dari 9 halaman

7

7. Pavel Nedved (€ 41,20 juta)

8 transfer termahal Serie A. (AFP)
Pavel Nedved merupakan satu di antara legenda Republik Ceko yang mempunyai karier cemerlang. Nedved didatangkan Juventus dari Lazio untuk menggantikan peran Zinedine Zidane yang hijrah ke Real Marid.

Juventus menebus Nedved dengan harga yang tidak murah. Manajemen Bianconeri merogoh kocek hingga 41,20 juta euro (Rp 595,77 miliar) untuk memboyongnya ke kota Turin. Pembelian ini terbayar oleh loyalitas yang ditunjukkan Nedved. Saat ini, pria Ceska tersebut memegang jabatan sebagai wakil Presiden Juventus.

4 dari 9 halaman

6

6. Lilian Thuram (€ 41,50 juta)

8 transfer termahal Serie A. (AFP)
Lilian Thuram merupakan satu di antara pemain belakang terbaik di dunia. Pemain yang ikut membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ini diboyong Juventus dari Parma pada awal musim 2001-2002. Harga 41,50 juta euro (Rp 600 miliar) membuat Thuram menjadi pemain belakang termahal di Italia.

5 dari 9 halaman

5

5. Rui Costa (€ 42 juta)

8 transfer terbaik Serie A. (AFP)
Rui Costa pernah menjadi nyawa permainan Fiorentina pada periode 1994-2001. Kebangkrutan yang dialami oleh Fiorentina ketika itu mendorong Rui Costa untuk hengkang ke AC Milan sebagai cara untuk menyelamatkan klub.

Pemain asal Portugal ini menjadi pemain termahal yang pernah dibeli oleh Milan, setelah Rossoneri menebusnya dengan harga € 42 juta (Rp 607 miliar).

6 dari 9 halaman

4

4. Christian Vieri (€ 45 juta)

8 transfer terbaik serie A (AFP)
Christian Vieri menjadi proyek besar Presiden Inter Milan ketika itu, Massimo Moratti. Sang Presiden rela membayar mahal untuk mendatangkan Vieri dari Lazio agar bisa diduetkan dengan Luis Ronaldo.

Vieri sempat menjadi pemain termahal di dunia ketika Inter menebusnya dengan harga 45 juta euro (Rp 650 miliar) dari Lazio.

7 dari 9 halaman

3

3. Gaizka Mendieta (€ 48 juta)

8 transfer termahal Serie A. (AFP)
Gaizka Mendieta mencapai puncak performa ketika menjadi pemain Valencia. Penampilannya yang bagus mendorong Lazio untuk membelinya dengan harga 48 juta euro (Rp 694 miliar) untuk menggantikan peran Pavel Nedved yang hijrah ke Juventus.

Namun, Mendieta gagal memenuhi ekspektasi pada musim perdananya. Manajemen Lazio pun memutuskan untuk meminjamkan Mendieta ke Barcelona dan Middlesbrough.

8 dari 9 halaman

2

2. Gianluigi Buffon (€ 52,88 juta)

8 transfer termahal Serie A. (AFP)
Gianluigi Buffon menjadi sorotan dunia ketika menjadi kiper termahal di dunia setelah ditebus Juventus dari Parma. Harga sebesar 52,88 juta euro (Rp 764 miliar) dikeluarkan oleh Bianconeri demi memboyong Buffon.

Saat ini, rekor Buffon sebagai kiper termahal di dunia masih bertahan. Buffon pun masih terus menunjukkan performa yang menawan meski kini usianya sudah menginjak 38 tahun.

9 dari 9 halaman

1

1. Hernan Crespo (€ 55 juta)

8 transfer tremahal Serie A
Hernan Crespo menjadi pemain termahal yang pernah dibeli oleh klub Italia. Crespo menjadi striker andal ketika masih membela Parma. Ketajaman striker Argentina ini membuat banyak klub yang kepincut ingin merekrutnya pada awal musim 2000-2001. Lazio menjadi klub pilihan Crespo setelah rela menebusnya dengan harga 55 juta euro (Rp 795 miliar).

Namun kebersamaan Crespo tidak bertahan lama. Pada tahun 2002, Crespo dilego ke Inter Milan karena krisis finansial yang melanda Lazio. Harga 36 juta euro (Rp 520 miliar) membuat Crespo hengkang ke Giuseppe Meazza.

Sumber: Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer