Sukses


Gol Indah Lionel Messi dan Neymar Masuk Nomine FIFA Puskas Award

Bola.com, Zurich - Eksekusi tendangan bebas Lionel Messi saat Argentina bersua Amerika Serikat di Copa America Centenario masuk nomine FIFA Puskas Award 2016. Selain Messi, gol Neymar juga berada dalam daftar penghargaan ini.

La Pulga membobol gawang Amerika Serikat pada fase semifinal Copa America Centenario yang berlangsung di NRG Stadium, Houston, 21 Juni 2016. Bola hasil tendangan bebas Messi dari jarak 22 meter menghujam pojok kanan atas gawang Amerika Serikat yang dikawal Brad Guzan.

Argentina berhasil mengunci kemenangan dengan skor 4-0. Selain gol Messi pada menit ke-32, tiga gol tim Tango lainnya disarangkan Ezequiel Lavezzi menit ke-3 dan Gonzalo Higuain pada menit ke-50 dan 86'.

Sementara itu, gol indah Neymar tercipta ketika bersua Villarreal pada laga lanjutan La Liga Spanyol 2015-2016. Dalam pertadingan yang digelar di Camp Nou, 8 November 2015, Neymar membobol gawang Villarreal menit ke-85.

Menerima umpang silang dari Luis Suarez di sisi kiri, Neymar berhasil mengelabui Jaume Costa dan menjaringkan bola ke dalam gawang The Yellow Submarine dengan sepakan kaki kanan. Barca pun menyudahi laga dengan kemenangan 3-0.

Bukan hanya Lionel Messi dan Neymar, beberapa nama tenar juga masuk dalam nomine FIFA Puskas Award 2016, yakni Saul Niguez (Atletico Madrid) dan Hal Robson-Kanu (timnas Wales).

Dari 10 gol yang masuk dalam daftar tersebut, terselip satu gol indah pemain asal Malaysia, Mohd Faiz Subri. Winger 29 tahun tersebut menjaringkan bola ke dalam gawang Pahang FC pada laga lanjutan Liga Super Malaysia, 16 Februari 2016. Gol Mohd Faiz melalui tendangan bebas tersebut turut membawa Penang FA menang 4-1 atas Pahang.

FIFA Puskas Award merupakan penghargaan untuk gol terbaik setiap tahunnya. Pada edisi kali ini, terdapat ribuan gol yang tercipta dari 30 September 2015 hingga September 2016, dan dikerucutkan menjadi 10.

Nantinya dari 10 gol tersebut akan kembali dikerucutkan menjadi tiga gol terbaik, berdasarkan hasil voting di situs resmi FIFA. Voting  dibuka dari 21 November 2016 sampai pengumuman pemenang FIFA Puskas Award 2016 pada 9 Januari 2017. 

Berikut ini 10 nomine FIFA Puskas Award 2016:
1. Mario Gaspar (Spanyol) - Spanyol vs Inggris (laga persahabatan)
2. Hlompho Kekana (Afrika Selatan) - Kamerun vs Afrika Selatan (kualifikasi Piala Afrika)
3. Marlone (Brasil) - Corinthians vs Cobresal (Copa Libertadores)
4. Lionel Messi (Argentina) Amerika Serikat vs Argentina (Semifinal Copa America Centenario)
5. Neymar (Brasil) Barcelona vs Villarreal (La Liga)
6. Saul Niguez (Spanyol) Atletico Madrid vs Bayern Munich (Semifinal Liga Champions)
7. Hal Robson-Kanu (Wales) Wales vs Belgia (Piala Eropa 2016)
8. Daniuska Rodriguez (Venezuela) Venezuela vs Colombia (Kejuaraan Sepakbola Wanita Amerika Selatan U-17)
9. Simon Skrabb (Finlandia) Gefle vs Atvidaberg (Liga Allsvenskan Swedia)
10. Mohd Faiz Subri (Malaysia) Penang vs Pahang (Liga Super Malaysia).

Sumber: FIFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer