Sukses


Xabi Alonso Pensiun, Liverpool hingga Steven Gerrard Bereaksi

Bola.com — Gelandang asal Spanyol, Xabi Alonso, mengumumkan, bakal pensiun sebagai pemain sepak bola pada akhir musim 2016-2017. Keputusan itu langsung mengundang reaksi dari berbagai pihak, termasuk mantan rekan serta klub-klub yang pernah dibela sang pemain. 

Dalam situs resmi Bayern Munchen, Kamis (9/3/2016), Xabi Alonso mengaku tidak mudah membuat keputusan tersebut. Namun, pemain berusia 35 tahun itu ingin mengakhiri karier sebagai pesepak bola profesional dalam tingkat tertinggi bersama Bayern Munchen. 

Xabi Alonso memiliki karier yang gemilang sebagai pesepak bola. Setelah memulai karier di Real Sociedad, Xabi Alonso sempat dipinjamkan ke Eibar sebelum akhirnya pindah ke Liverpool pada 2004. 

Lima tahun kemudian, Alonso memutuskan pulang ke Spanyol untuk bergabung dengan Real Madrid. Meski mengalami musim gemilang di Santiago Bernabeu, Xabi Alonso memutuskan hijrah ke Bayern Munchen pada Agustus 2014.

Selama menjadi pesepak bola, Alonso telah meraih 16 trofi bersama klub dan tim nasional Spanyol, dengan rincian, empat gelar bersama Liverpool, lima gelar bersama Real Madrid, empat gelar bersama Bayern Munchen, serta tiga gelar bersama timnas Spanyol.

Lantas, seperti apa reaksi berbagai pihak atas keputusan Xabi Alonso ini? Berikut ini adalah contoh-contohnya seperti dirangkum Bola.com

1. Liverpool

Liverpool mengenang kebersamaan mereka dengan Xabi Alonso dalam akun Twitter. Klub asal Merseyside ini pun mengunggah beberapa video serta foto ketika sang pemain masih berseragam The Reds. 

Xabi Alonso membela Liverpool selama lima tahun, sejak 2004 hingga 2009. Selama masa bakti di Stadion Anfield,  Xabi Alonso memersembahkan masing-masing satu trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala FA, serta Community Shield.

2 dari 3 halaman

Reina dan Gerrard

2. Pepe Reina

Kiper Napoli, Pepe Reina, ikut mengomentari keputusan Xabi Alonso. Pepe Reina merasa beruntung pernah bermain bersama Xabi Alonso.

Xabi Alonso dan Pepe Reina pernah satu tim sewaktu memperkuat Liverpool, Bayern Munchen, serta tim nasional Spanyol. Kombinasi kedua pemain ini sukses menghasilkan enam gelar juara bagi klub-klub yang dibela mereka. 

3. Steven Gerrard

Mantan pemain Liverpool, Steven Gerrard, melalui akun Instagram-nya, tidak lupa mengucapkan salam perpisahan untuk Xabi Alonso. 

"Xabi, Anda merupakan pemain berkualitas. Anda selalu menampilkan sikap lelaki sejati di atas lapangan. Merupakan suatu kehormatan pernah bermain bersama Anda dan saya selalu merindukan Anda setelah meninggalkan Liverpool. Selamat atas karier yang sempurna. Semoga beruntung di masa depan."

Xabi Alonso dan Steven Gerrard sempat menjadi andalan di lini tengah Liverpool pada 2004 hingga 2009. Kombinasi keduanya sukses menghasilkan masing-masing satu trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala FA, serta Community Shield untuk The Reds.

3 dari 3 halaman

Munchen dan Thiago

4. Bayern Munchen

Bayern Munchen juga mengucapkan terima kasih kepada Xabi Alonso. Klub asal kota Munchen ini menyebut Alonso sebagai salah satu pemain terbaik.

Xabi Alonso memperkuat Bayern Munchen sejak dibeli dari Real Madrid seharga 9 juta euro (Rp 127 miliar) pada musim panas 2014. Selama memperkuat The Bavarians, Alonso mempersembahkan dua trofi Bundesliga serta masing-masing satu gelar DFB Pokal dan DFL Supercup.

5. Thiago Alcantara

Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara, ikut melempar pujian kepada Xabi Alonso. Thiago mengaku dirinya menikmati permainan sepak bola Alonso.

Thiago Alcantara merupakan rekan satu tim Xabi Alonso di Bayern Munchen. Keduanya telah mempersembahkan dua gelar Bundesliga serta masing-masing satu gelar DFB Pokal dan DFL Supercup.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer