Sukses


5 Gol Terbaik Sepanjang Karier Xabi Alonso

Bola.com, - Gelandang asal Spanyol, Xabi Alonso, mengumumkan bakal pensiun pada akhir musim 2016-2017. Keputusan tersebut dia umumkan melalui situs resmi Bayern Munchen, Kamis (9/3/2017).

Dalam pernyataannya tersebut, Alonso mengaku tidak mudah membuat keputusan untuk pensiun. Namun, mantan pemain timnas Spanyol itu ingin mengakhiri karier sebagai pesepak bola profesional dalam level tertinggi bersama Bayern Munchen.

Xabi Alonso memiliki karier yang gemilang sebagai pemain sepak bola. Pria berusia 35 tahun ini telah meraih 16 trofi baik bersama klub dan tim nasional Spanyol, dengan rincian empat gelar bersama Liverpool, lima gelar bersama Real Madrid, empat gelar bersama Bayern Munchen, serta tiga gelar bersama timnas Spanyol.

Xabi Alonso juga mencatatkan 59 gol dari 795 pertandingan selama berprofesi sebagai pesepak bola, yakni 18 gol untuk Liverpool, 16 gol bersama timnas Spanyol, sepuluh gol dengan Real Sociedad, sembilan gol untuk Bayern Munchen, serta enam gol ketika membela Real Madrid.

Dari 59 gol tersebut, Xabi Alonso beberapa kali mampu membobol gawang tim lawan dengan cara tak biasa. Bahkan, dia sukses mencetak gol dari lapangan tengah. 

Berikut ini adalah 5 gol terbaik Xabi Alonso:

2 dari 6 halaman

1. Valencia 2-2 Real Sociedad (La Liga, 18 April 2004)

Ini merupakan gol terbaik Xabi Alonso ketika masih meniti karier bersama Real Sociedad. Gol ini tercipta saat Sociedad bertandang ke markas Valencia di Estadio Mestalla pada ajang La Liga 2003-2004.

Gol itu tercipta pada menit ke-64. Bola hasil tendangan voli kaki kanan Alonso melesat ke sisi kanan gawang Valencia yang saat itu dikawal Santiago Canizares. 

Setelah gol tersebut, Real Sociedad terus menekan tim tuan rumah. Hasilnya, mereka menambah keunggulan lewat tembakan Valeri Karpin tiga menit berselang.

Sayang, Valencia mampu menyamakan kedudukan lewat Vicente pada menit ke-71 serta Mista jelang laga berakhir.

3 dari 6 halaman

2. Liverpool 2-0 Newcastle United (Premier League, 20 September 2006)

Gol terbaik Xabi Alonso selama berkarier di Anfield tercipta saat Liverpool menjamu Newcastle United, pada laga tunda pekan kedua Premier League 2006-2007.

Liverpool yang baru saja menelan hasil negatif melawan Everton (0-3) serta Chelsea (0-1) berusaha untuk bangkit. Dirk Kuyt membuka keunggulan The Reds pada menit ke-29. Pemain asal Belanda ini sukses memanfaatkan umpan dari Steve Finnan.

The Reds baru menambah keunggulan pada menit ke-70 melalui tendangan Xabi Alonso dari jarak 64 meter. Gol ini disebut oleh jurnalis Independet sebagai yang terbaik selama 115 tahun berdirinya Stadion Anfield.

4 dari 6 halaman

3. Real Zaragoza 0-6 Real Madrid (La Liga, 28 Agustus 2011)

Meski bermain baik di Real Madrid, Xabi Alonso mengalami kesulitan mencetak gol. Alonso hanya mendulang enam gol selama 5 tahun berkarier di Santiago Bernabeu.

Salah satu gol terbaik Alonso di Real Madrid adalah ketika menang 6-0 atas Real Zaragoza, di Stadion La Romareda pada pekan kedua La Liga 2011-2012.

Real Madrid unggul 2-0 pada babak pertama lewat Cristiano Ronaldo (23') dan Marcelo (27'). Meski begitu, Los Blancos belum puas dengan hasil tersebut.

Xabi Alonso memanfaatkan bola muntah sapuan pemain Real Zaragoza untuk melepas tendangan mendatar yang menghujam sisi kiri gawang Zaragoza yang dikawal Roberto.

Gol tambahan dari Cristiano Ronaldo pada menit ke-70 dan 86', serta Kaka pada menit ke-81 melengkapi kemenangan Real Madrid.

5 dari 6 halaman

4. Bayern Munchen 1-0 SV Darmstadt (DFB Pokal, 15 Desember 2015)

Bayern Munchen tampil dengan skuat terbaik sewaktu menjamu SV Darmstadt di Allianz Arena pada 16 besar DFB Pokal 2015-2016. Meski begitu, Bayern yang saat itu masih diasuh Pep Guardiola kesulitan untuk membongkar lini belakang Darmstadt.

Tekanan Die Roten akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-40. Xabi Alonso sukses memanfaatkan bola muntah sundulan Robert Lewandowski untuk mencetak gol lewat tendangan jarak jauh.

Tidak ada gol lain yang tercipta selama pertandingan berlangsung. Kemenangan 1-0 ini membuat Bayern Munchen melangkah mulus ke perempat final, sebelum akhirnya berhasil meraih trofi DFB Pokal pada musim tersebut. 

6 dari 6 halaman

5. Bayern Munchen 6-0 Werder Bremen (Bundesliga, 26 Agustus 2016)

Bayern Munchen mengawali musim pada ajang Bundesliga 2016-2017 dengan menjamu Werder Bremen di Allianz Arena. Tampil di hadapan pendukung sendiri, Die Roten bermain menyerang sejak pertandingan dimulai.

Xabi Alonso membuka keunggulan Bayern Munchen sewaktu pertandingan baru berjalan sembilan menit. Alonso memanfaatkan sapuan pemain Werder Bremen untuk melepas tendangan kaki kanan yang menjebol gawang lawan.

Gol tersebut merupakan yang pertama pada kompetisi Bundesliga musim ini. Bayern Munchen menambah keunggulan lewat tiga gol Robert Lewandowski pada menit ke-13, 46', serta 77', Philipp Lahm pada menit ke-66, dan Franck Ribery menit ke-73.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer