Sukses


5 Fakta Menarik Setelah 16 Besar Liga Champions Usai

Bola.com, - Ajang Liga Champions baru saja menyelesaikan seluruh pertandingan 16 besar musim 2016-2017. Kini, turnamen antarklub paling bergengsi di Eropa tersebut tinggal menyisakan delapan kontestan.

Delapan kesebelasan tersebut adalah, Real Madrid, Atletico Madrid, FC Barcelona, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Juventus, AS Monaco, serta Leicester City.

Seluruh kontestan yang lolos ke perempat final baru akan mengetahui lawan masing-masing setelah undian di Nyon, Swiss, pada Jumat (17/3/2017) waktu setempat. Laga delapan besar Liga Champions akan berlangsung pada 11 dan 12 April untuk leg pertama, serta 18 dan 19 April 2017 untuk leg berikutnya.

Berbagai catatan menarik terjadi selama perhelatan 16 besar Liga Champions berlangsung. Apa saja catatan tersebut? Berikut ini adalah ulasannya:

Dominasi Spanyol

Perempat final Liga Champions musim ini menegaskan dominasi klub-klub asal Spanyol. Sejak musim 2012-2013, selalu ada tiga klub yang berasal dari Negeri Matador pada delapan besar.

Musim ini, Spanyol memiliki wakil Real Madrid, Barcelona, serta Atletico Madrid. Ketiga klub ini selalu lolos ke perempat final dalam tiga edisi terakhir Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Bayern dan Juventus

Mesin Gol Bayern Munchen

Bayern Munchen menjadi tim dengan catatan gol terbanyak pada 16 besar Liga Champions musim ini. Skuat asuhan Carlo Ancelotti berhasil mencetak 10 gol ke gawang Arsenal pada dua leg pertandingan.

Meski begitu, perolehan Bayern Munchen masih kalah dibanding Barcelona dan Borussia Dortmund jika torehan gol dihitung dari fase grup. Die Roten baru mencetak 24 gol, sementara Blaugrana telah mencetak 26 gol dan Die Borussen 25 gol.

Tembok Tangguh Juventus

Para pemain Juventus merayakan keberhasilan lolos ke perempat final usai menyingkirkan Porto. Menang 1-0 pada leg kedua membuat Juve unggul agregat gol menjadi 3-0 atas Porto. (AFP/Miguel Medina)

Juventus menjadi tim dengan pertahanan terbaik pada 16 besar Liga Champions musim ini. Gianluigi Buffon dan kawan-kawan sukses mencegah gawannya kebobolan laga dua leg melawan FC Porto.

Juventus tetap menjadi yang terbaik jika jumlah tersebut ditambahkan dengan hasil pada fase grup. Skuat asuhan Massimiliano Allegri ini baru kemasukan dua gol selama berlaga di Liga Champions musim ini.

3 dari 3 halaman

Leicester dan Guardiola

Rekor Leicester City

Leicester City menorehkan rekor setelah berhasil lolos ke perempat final Liga Champions pada musim pertama keikutsertaan mereka. Raihan tersebut membuat The Foxes mengulangi pencapaian Malaga pada musim 2012-2013.

Sejak berganti format pada 1992, tidak pernah ada tim debutan yang mampu mencapai final Liga Champions. Prestasi terbaik tim debutan diraih Villarreal sewaktu mencapai semifinal musim 2005-2006.

Derita Pep Guardiola

Pep Guardiola menyayangkan kegagalan Manchester City lolos ke babak perempat final Liga Champions 2016-2017. (doc. UEFA)

Kegagalan Manchester City untuk melaju ke perempat final menjadi pengalaman pahit untuk manajer mereka, Pep Guardiola. Selama berkarier sebagai pelatih atau manajer, skuat yang diasuh oleh Guardiola selalu lolos ke semifinal Liga Champions.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer