Menghitung Kans Terjadi El Clasico di 8 Besar Liga Champions

Oleh Nurfahmi Budi pada 17 Mar 2017, 11:31 WIB
El Clasico, Barcelona, Real Madrid

Bola.com, Nyon - Jumat (17/3/2017) petang WIB, UEFA akan melakukan pengundian Babak 8 Besar Liga Champions 2016-2017. Seluruh mata penggila sepak bola bakal tertuju pada kemungkinan terjadinya laga-laga seru, termasuk El Clasico alias pertemuan Barcelona kontra Real Madrid.

Nyon, Swiss, akan menjadi saksi hasil drawing perempat final Liga Champions. Manajemen, pelatih dan fans delapan tim merasakan deg-degan. Maklum, semua kemungkinan bisa terjadi pada Leicester City, AS Monaco, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Juventus, Atl├ętico Madrid, Barcelona dan Real Madrid.

Tak heran, banyak pihak menunggu apakah 'tragedi' El Clasico bakal terjadi. Bagi Spanyol, keberadaan Barcelona dan Real Madrid menjadi titik prestisius tersendiri. Empat musim beruntun, dua tim tersebut, bersama Atletico Madrid, mampu melaju ke babak perempatfinal Liga Champions.

Satu yang menarik, dan ini membuat was-was, adalah fakta pada tiga edisi terakhir Liga Champions. Pada periode tersebut, satu partai di perempatfinal selalu menyajikan pertemuan klub asal Spanyol. Artinya, kemungkinan Barcelona kontra Real Madrid tetap terbuka, meski permutasi lain juga bisa, yakni Barcelona kontra Atletico Madrid, atau Real Madrid versus Atletico Madrid.

Sebelum proses pengundian, Marca melakukan jajak pendapat via online terkait seberapa besar kemungkinan pertemuan Barcelona kontra Real Madrid. Hasilnya, sebesar 42,86 persen yakin El Clasico akan terjadi pada perempatfinal Liga Champions.

Andai itu menjadi kenyataan, banyak faktor yang bakal berpengaruh. Satu yang paling kentara adalah urusan finansial. Musim lalu misalnya, saat kedua tim bertemu di Estadio Camp Nou, jumlah penonton menembus 99 ribu orang.

Tak hanya itu, ada 400 juta orang yang menyaksikan di seluruh dunia. Tiket termahal menembus angka 3.500 dolar AS atau lebih dari Rp 45,5 juta, dan termudah 1.700 dolar AS atau sekitar Rp 22,1 juta.

Angka-angka tersebut bakal terkerek naik, apalagi melihat Barcelona dan Real Madrid sedang bersaing di pentas La Liga. Saat ini kedua tim berselisih dua poin di klasemen La Liga, dengan Real Madrid ada di puncak.

Kans ke arah sana tergolong besar, karena fakta menunjukkan selalu ada tiga atau lebih tim yang sama pada 17 edisi terakhir. Hasilnya, delapan di antara periode musim tersebut selalu memanggungkan pertarungan tim senegara.

Gelandang Barcelona, Andres Iniesta mengaku tak ingin berandai dengan apa yang bakal dihadapi Barcelona. Baginya, siapapun lawan di level perempatfinal memiliki keunggulan masing-masing.

Berikut ini hasil jajak pendapat beragam kemungkinan perempatfinal Liga Champions musim ini versi Marca.com

1 of 2

Hasil Jajak Pendapat

Barcelona Vs Real Madrid (42,86%)
Klub Spanyol Vs Juventus (42.86%)
Klub Spanyol Vs AS Monaco (42.86%)
Klub Spanyol Vs Klub Jerman (51.43%)

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓