Sukses


7 Bintang Juventus yang Menyeberang Ke Barcelona

Bola.com, Barcelona - Juventus dan Barcelona akan bertempur pada Babak Perempat Final Liga Champions 2016-2017. Dua tim melakoni leg 1 di Juventus Stadium (11/4/2017. Setelah itu, markas Barcelona, Estadio Camp Nou menjadi tuan rumah (19/4/2017).

Perjumpaan Juventus dan Barcelona membuka cerita lama. Hal itu bukan semata lakon duka kedua tim, melainkan hubungan erat. Dua klub raksasa Eropa tersebut beberapa kali terlibat dalam pembelian pemain di antara mereka.

Beberapa catatan yang cukup fenomenal adalah perekrutan Michael Laudrup pada 1989, lalu kedatangan Edgar Davids sampai aksi 'pelarian' dua bek Juventus, Gianluca Zambrotta dan Lilian Thuram. Dua pemain tersebut menyeberang ke Barcelona setelah Juventus terlempar di Serie B.

Berikut ini tujuh pemain yang memilih pergi dari Juventus dan terbang ke Barcelona:

2 dari 8 halaman

Michael Laudrup

1. Michael Laudrup
Michael Laudrup bergabung dengan Juventus saat berusia 19 tahun, tepatnya pada 1983. Laudrup menghabiskan dua tahun pertama di Turin sebagai pemain pinjaman di Lazio. Laudrup bergabung dengan Barcelona pada 1989, dan menjadi satu di antara bagian dari The Dream Team Barcelona saat diasuh Johan Cruyff.

Laudrup menjadi satu di antara kunci permainan lini tengah Barcelona. Laudrup tergolong pemain tengah serba bisa. Pemain asal Denmark tersebut mampu berperan sebagai gelandang serang, playmaker maupun sayap kanan atau kiri.

Laudrup menjadi gelandang produktif. Ia mencetak 40 gol sebelum akhirnya pergi ke Real Madrid. Setelah pensiun, kini Laudrup mulai menjajaki karier menangani klub. Saat ini dia berada di Al Rayyan, satu klub asal Qatar.

3 dari 8 halaman

Juan Pablo Sorin

2. Juan Pablo Sorin
Rambut panjang sempat menjadi ciri khas penampilan bek serba bisa ini. Seperti Laudrup, Juan Pablo Sorin bergabung di Juventus saat berusia 19 tahun. Ia lebih banyak berperan sebagai bek kiri, meski beberapa kali beroperasi di lini sayap.

Senasib dengan Laudrup, Sorin menghabiskan waktu di Lazio, sebelum bergabung dengan Barcelona pada akhir 2003. Sayang, karier Sorin di Barcelona hanya setengah musim saja. Uniknya, meski tak selalu menjadi pemain inti, Sorin mampu mengemas 76 penampilan bersama Timnas Argentina.

4 dari 8 halaman

Edgar Davids

3. Edgar Davids
Satu di antara gelandang terbaik di dunia.Davids bergabung dengan Juventus pada 1997. Dia berkostum Bianconeri selama 6,5 musim, dan mampu memberikan beberapa gelar juara untuk Juventus.

Davids datang ke Barcelona saat El Barca dilatih Frank Rijkaard. Davids menjejakkan kaki untuk kali pertama di rumput Camp Nou pada 2004. Kerja keras, determinasi, semangat pantang menyerah dan punya stamina tinggi, membuat Davids mendapat tempat khusus di hati Barcelonistas meski tak lama berkostum Blaugrana.

5 dari 8 halaman

Gianluca Zambrotta

4. Gianluca Zambrotta
Bek kanan dan bek kiri. Peran itulah yang membuat Gianluca Zambrotta mendapatkan nama di panggung sepak bola internasional. Padahal, saat awal bergabung dengan Juventus, Zambrotta beroperasi sebagai sayap kanan.

Zambrotta berada di Juventu selama tujuh tahun, sejak awal 1999. Zambrotta meninggalkan Juventus saat La Vecchia Signora turun kasta ke Serie B karena kasus Calciopoli. Akhirnya, Zambrotta berada di Barcelona pada musim panas 2006, setelah membawa Italia meraih gelar Piala Dunia di Jerman.

Zambrotta menghabiskan waktu bersama Barcelona selama dua musim. Kini, Zambrotta menangani Delhi Dynamos.

6 dari 8 halaman

Lilian Thuram

5. Lilian Thuram
thuram meraih seluruh kejayaan sebagai pemain bersama Juventus. Datang dari Prancis, ia menjadi bagian dari sejarah Juventus. Ia pergi meninggalkan Juventus saat sang klub dilanda Calciopoli dan berada di Serie B.

Thuram bergabung dengan Barcelona pada 2006, dan berada di Camp Nou selama dua musim. Thuram mencetak sejarah bersama Timnas Prancis dengan total 142 penampilan.

Saat berkostum Barcelona, Thuram tak hanya dikenal sebagai pesepakbola. Ia aktif di level kemanusiaan, dan menjadi duta bagi UNICEF.

7 dari 8 halaman

Thierry Henry

6. Thierry Henry
Satu di antara penyerang hebat di era sepak bola modern. Henry bergabung dengan Juventus pada 1999, tapi gagal bersinar. Ia pindah ke Arsenal, dan mampu menunjukkan diri sebagai sang legenda.

Henry terbang ke Barcelona pada 2007, dan berada di sana selama tiga tahun. Ia menjadi bagian penting dari perubahan Barcelona di tangan Josep Guardiola.

8 dari 8 halaman

Zlatan Ibrahimovic

7. Zlatan Ibrahimovic
Ibrahimovic terkenal dengan 'ketidaksetiaan'. Dia pernah berkostum tim-tim besar di Liga Italia Serie A. Namun, Ibrahimovic melakoni karier awal bersama Juventus pada periode 2004 - 2006.

Sempat berkostum Inter Milan, Ibrahimovic memutuskan pergi ke Barcelona pada 2009. Namun ia hanya semusim, dan kembali lagi ke Italia, bergabung dengan AC Milan. Saat ini Ibrahimovic berkostum Manchester United.

Sumber: FC Barcelona

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer