9 Fakta Menarik di Balik Keberhasilan Juventus Lumat Barcelona

Oleh Rizki Hidayat pada 12 Apr 2017, 08:00 WIB

Bola.com, Turin - Juventus menang 3-0 atas Barcelona pada laga leg pertama perempat final Liga Champions di Juventus Stadium, Selasa (11/4/2017). Bagi Juve, kemenangan ini kian memperpanjang catatan tak terkalahkan mereka di kandang sendiri.

Tampil di hadapan 41 ribu lebih suporter yang memadati stadion, I Bianconeri kalah dalam hal penguasaan bola. Juventus hanya mencatatkan 35 persen ball possession berbanding 65 persen milik Barcelona.

Meski begitu, klub asuhan Massimiliano Allegri itu tampil lebih efektif ketimbang Blaugrana. Juve melepaskan delapan tembakan tepat sasaran dari 12 peluang. Sementara itu, Los Cules hanya memiliki dua peluang bagus dari sembilan kesempatan.

Juventus pun akhirnya sukses mengunci kemenangan dengan skor 3-0. Tiga gol La Vecchia Signora disarangkan Paulo Dybala pada menit ke-7 dan 22', serta Giorgio Chiellini menit ke-55.

Hasil ini membuat langkah Juventus lolos ke semifinal Liga Champions semakin mudah. Mereka hanya harus menahan Barca pada laga leg kedua di Camp Nou, 19 April 2017 jika ingin lolos ke babak empat besar.

Berikut ini adalah 9 fakta menarik di balik kemenangan Juventus atas Barcelona:

1. Ini adalah untuk pertama kalinya Juventus mencetak tiga gol, dan menang lebih dari satu gol melawan Barcelona.

2. Paulo Dybala adalah pemain Juventus pertama yang mencetak dua gol di Liga Champions setelah terakhir kali dilakukan Carlos Tevez pada Maret 2015.

3. Gol Paulo Dybala pada menit ke-6 dan 34 detik adalah gol tercepat ke gawang Barcelona di seluruh ajang kompetisi pada musim ini.

4. Juventus tak terkalahkan dalam 18 laga kandang terakhir di Liga Champions, dengan rincian 11 kemenangan dan tujuh hasil imbang. Itu adalah catatan tak terkalahkan terpanjang Juve di kandang sendiri dalam ajang Liga Champions.

5. Secara keseluruhan, Juventus tidak terkalahkan dalam 48 pertandingan kandang di seluruh ajang kompetisi (24 kemenangan dan 24 imbang), serta belum pernah kalah dalam 22 laga kandang di kejuaraan Eropa.

6. Juventus telah sembilan kali meraih kemenangan 3-0 pada leg pertama fase knock-out di turnamen Eropa. Mereka pun sukses lolos ke babak selanjutnya ketika menang tiga gol tanpa balas.

7. Giorgio Chiellini baru mencetak dua gol sepanjang kariernya di Liga Champions. Satu gol lainnya dicetak Chiellini ketika Juventus menang 1-0 atas Maccabi Haifa pada 21 Oktober 2009.

8. Barcelona untuk pertama kalinya menelan dua kekalahan beruntun pada laga tandang di bawah arahan Luis Enrique.

9. Barcelona juga menelan empat kekalahan dari lima partai tandang terakhir pada fase knock-out Liga Champions. Blaugrana pun kebobolan 12 gol dari lima pertandingan tersebut.

Sumber: Opta, Sky Sports Statto

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini