3 Kebijakan Dortmund untuk Fans Terkait Peristiwa Ledakan Bom

Oleh Okky Herman Dilaga pada 12 Apr 2017, 11:00 WIB
Fans Borussia Dortmund

Bola.com, Dortmund - Laga antara Borussia Dortmund melawan AS Monaco pada leg pertama perempat final Liga Champions ditunda karena peristiwa ledakan bom di dekat Stadion Signal Iduna Park, Selasa (11/4/2017).

Bus yang membawa rombongan tim Borussia Dortmund mendapat serangan dari orang tidak dikenal. Pihak kepolisian setempat mengonfirmasi, terjadi tiga ledakan di area hotel tempat skuat Borussia Dortmund menginap.

Bek Die Borussen, Marc Bartra, menjadi satu-satunya korban dalam peristiwa tersebut. Pemain asal Spanyol itu dibawa ke rumah sakit terdekat demi menjalani operasi untuk memulihkan tangannya yang terluka.

Pertandingan itu pun ditunda selama sehari. Pihak klub berkoordinasi dengan UEFA memutuskan untuk menggelar pertandingan di Signal Iduna Park, pada Rabu (12/4/2017) pukul 18.45 waktu setempat.

Setelah kejadian tersebut, pihak Borussia Dortmund memutuskan beberapa kebijakan untuk para pendukung. Klub asal Jerman itu ingin memastikan para pendukung dari kedua tim tetap tenang meski harus menerima kenyataan tidak bisa menonton laga sesuai waktu yang ditetapkan sebelumnya.

Berikut ini adalah tiga kebijakan yang dibuat Borussia Dortmund kepada para pendukung:

1 of 4

1. Membatalkan tur stadion

Bench Borussia Dortmund
Borussia Dortmund melalui situs resminya mengumumkan pembatalan bagi setiap orang yang ingin merasakan pengalaman tur stadion di Signal Iduna Park pada Rabu (12/4/2017). (AFP/Odd Andersen)

Borussia Dortmund melalui situs resminya mengumumkan pembatalan bagi setiap orang yang ingin merasakan pengalaman tur stadion di Signal Iduna Park. Pembatalan itu hanya berlaku untuk para pengunjung selama Rabu (12/4/2017).

"Kami meminta maaf untuk membatalkan seluruh kegiatan tur stadion pada Rabu, 12 April 2017. Terima kasih atas pengertiannya. Jika sudah memiliki tiket tur stadion, Anda akan mendapatkan sebuah voucher," sebut pernyataan resmi klub.

Hal itu kemungkinan besar dilakukan demi menjaga keamanan Stadion Signal Iduna Park. Pihak klub tidak ingin ada serangan lanjutan yang bisa saja terjadi saat kedua tim bertanding pada laga yang ditunda nanti.

2 of 4

2. Mengganti tiket pertandingan

Borussia Dortmund
Petugas kepolisian berjaga di depan Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, setelah terjadi ledakan yang menimpa bus rombongan Borussia Dortmund, Selasa (12/4/2017). (AFP/Odd Andersen)

Borussia Dortmund menyarankan kepada para pendukung yang tidak bisa menyaksikan laga tunda untuk menjual tiketnya kepada para suporter lain yang tidak kebagian tiket. Pihak klub akan membantu penjualan tiket itu melalui situs resmi.

Jika tiket tidak terjual, pihak klub akan mengganti biaya yang telah dikeluarkan para pendukung. Prosedur itu akan diumumkan melalui situs resmi klub pada Rabu (12/4/2017) pukul 15.00 waktu setempat.

Kubu Borussia Dortmund menyadari tidak semua pendukung yang siap menonton pada Selasa (11/4/2017) bisa kembali hadir keesokan harinya. Untuk itu, Die Borussen berusaha memberikan dua alternatif para pemegang tiket agar bisa mendapatkan ganti rugi karena tidak bisa menonton pertandingan yang tertunda.

3 of 4

3. Menyediakan akomodasi

Fans AS Monaco
Aksi solidaritas pendukung AS Monaco terkait kejadian ledakan yang menimpa bus rombongan Borussia Dortmund, Selasa (12/4/2017). (AFP/Odd Andersen)

Peristiwa ledakan yang membuat laga Borussia Dortmund kontra AS Monaco ditunda selama sehari tentu berimbas kepada para pendukung, terutama dari pihak tamu. Para suporter yang tetap ingin menyaksikan laga harus mengeluarkan biaya lebih untuk tinggal lebih lama dari rencana sebelumnya.

Hal itu membuat pihak Borussia Dortmund siap memberikan akomodasi bagi para pendukung AS Monaco. Pihak Dortmund pun mencoba berkoordinasi dengan suporternya untuk menyediakan tempat bagi suporter tim lawan yang ingin bermalam. Pengumuman tersebut mereka umumkan lewat akun Twitter dengan tagar 'bedforawayfans'.

Kebijakan itu langsung berbuah positif. Beberapa suporter AS Monaco mengunggah momen kebersamaan saat menginap di tempat tinggal suporter Borussia Dortmund.

Sementara itu, kubu AS Monaco juga memberikan akomodasi bagi para pendukungnya. Dilansir Daily Mail, pihak klub tamu menyediakan penggantian uang menginap di hotel sebesar 80 euro (Rp 1,12 juta) bagi setiap pendukungnya.

Sumber: Borussia Dortmund, Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Lanjutkan Membaca ↓