Modal Positif dan Negatif Barcelona Jelang Menjamu Juventus

Oleh Nurfahmi Budi pada 19 Apr 2017, 22:24 WIB
Barcelona

Bola.com, Barcelona - Barcelona menjamu Juventus, pada Leg 2 Babak Perempat Final Liga Champions 2016-2017, Rabu (19/4/2017) atau Kamis (20/4/2017) dini hari WIB. Barcelona bakal melakoni laga tak mudah setelah kalah pada pertemuan pertama di markas Juventus, dengan skor 0-3.

Kebobolan tiga gol membuat kubu Barcelona wajib bekerja bekerja keras dan tak boleh mengulangi kesalahan di Turin. Setidaknya, tiga gol dari Paulo Dybala (2 gol) dan Giorgio Chiellini, memberi pelajaran pada buruknya sistem pertahanan Los Blaugrana.

Walhasil, saat pertemuan kedua di rumah sendiri, Barcelona membawa misi seperti kala bertemu Paris Saint-Germain (PSG). Determinasi, kreatif dan kehadiran Dewi Fortuna, menjadi harapan seluruh Barcelonistas di seluruh dunia, tak hanya yang hadir di Camp Nou.

Berikut ini beberapa sisi negatif dan posisif Barcelona sebelum laga kontra Juventus, dini hari nanti WIB.

Fakta Barcelona

1. Penggemar Barcelona harus waspada dengan statistik tak mengenakkan terhadap sebuah tim yang kalah 0-3 pada pertemuan pertama fase knock-out. Catatan tersebut mengungkapkan, tak ada klub yang mampu membalikkan skor untuk lolos jika sudah tertinggal 0-3 pada perjumpaan pertama. Sebenarnya Barcelona sudah menunjukkan kemampuan mereka pada babak sebelumnya, kala menyingkirkan PSG. Namun, saat itu Barcelona membawa pulang kekalahan 0-4, bukan 0-3.

2. Barcelona mencatat 15 kemenangan pada ajang Liga Champions di Estadio Camp Nou. Barcelona tergolong produktif, yakni mampu melesakkan 50 gol, dan hanya kebobolan 7 gol. Semua catatan tersebut saat Barcelona berada di bawah kendali Luis Enrique Martinez sebagai sang entrenador. Rangkaian hasil istimewa tersebut menjadi catatan terpanjang dalam sejarah Barcelona. Kini, mereka hanya berselisih dua pertandingan saja guna menyamai rekor sepanjang masa Liga Champions yang dicetak Bayern Munchen (16 kemenangan kandang).

3. Barcelonistas berharap Lionel Messi dkk mampu mencetak gol cepat, setidaknya pada 10 menit pertama. Mereka menganggap, kondisi tersebut bakal memberi efek psikologi yang sangat bagus guna menyingkirkan raksasa Italia tersebut. Modal tersebut bisa terlihat saat Barcelona mampu mencetak minimal tiga gol pada tujuh dari delapan laga terakhir di pentas Liga Champions yang 'manggung' di Camp Nou.

4. Catatan miris yang harus diwaspadai Barcelona adalah kekalahan. Maklum, sebelum menjamu Juventus, Barcelona merasakan tiga kekalahan dari enam laga di level Liga Champions. Angka tersebut sama dengan jumla kekalahan pada 26 laga sebelumnya di bawah arahan Luis Enrique.

Sumber: UEFA, Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini