Sukses


Timnas Belanda Disinyalir Segera Bangkit

Bola.com, Jakarta - Mantan bek Chelsea, Khalid Boulahrouz, mengomentari keterpurukan tim nasional Belanda. Meski Belanda minim stok pelatih hebat, Boulahrouz meyakini bahwa De Oranje akan kembali berjaya.

"Masalah yang dialami Belanda merupakan kombinasi dari beberapa faktor. Tanpa gairah, Anda tidak bisa mencapai target," ujar Boulahrouz.

"Faktanya, performa kami tidak bagus. Kami terbiasa tampil dengan level permainan tinggi dan menang. Ini situasi yang sulit bagi para pemain, pelatih dan suporter," katanya.

Setelah absen di Piala Eropa 2016, Belanda kembali terancam gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Arjen Robben dan rekan-rekan menempati posisi keempat klasemen kualifikasi Grup A zona Eropa dengan tujuh poin dari empat laga.

"Para pemain generasi saat ini cukup baik, tetapi tidak bisa dibandingkan dengan era saya atau Edgar Davids. Kami meraih prestasi yang cukup bagus di Piala Dunia 2014 Brasil dengan menempati peringkat ketiga," tutur Boulahrouz.

"Orang membandingkan kami dengan tim-tim besar lainnya, seperti Jerman. Mereka lebih kuat, bagus dalam finansial, memiliki banyak klub besar dan mudah untuk memilih pemain," serunya.

Belanda tercatat telah mendepak dua pelatih sejak 2014, yakni Guus Hiddink dan Danny Blind. Boulahrouz pun melihat ada dua sosok pelatih yang cocok untuk De Oranje.

"Butuh pelatih berpengalaman, bersemangat dan memahami permainan. Itu resep untuk sukses," ujarnya.

"Kami minim stok pelatih bagus. Jika ada, mereka telah memiliki klub. Saya pikir, Ruud Gullit adalah pelatih bagus. Begitu pula Henk ten Cate. Dia pernah menjadi asisten pelatih Barcelona dan kami memiliki banyak pemain muda. Kami bakal punya pelatih baru. Masa kejayaan Belanda pasti kembali," kata Boulahrouz.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer