Manchester United Susah Payah Kalahkan Anderlecht

Oleh Aditya Wicaksono pada 21 Apr 2017, 04:32 WIB

Bola.com, Manchester - Manchester United harus melalui babak tambahan sebelum memastikan kemenangan 2-1 atas Anderlecht pada pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Europa yang berlangsung di Old Trafford. Marcus Rashford menjadi bintang kemenangan Manchester United berkat satu gol dan satu assist yang ia bukukan dalam laga tersebut.

Tim tuan rumah memulai pertandingan dengan catatan positif. Pada menit kesepuluh, Manchester United unggul atas tamunya Atletico Madrid melalui gol yang dicetak Henrikh Mkhitaryan memanfaatkan operan Marcus Rashford.

Unggul satu gol membuat Manchester United tampil menyerang. Namun kiper Anderlecht, Ruben Martinez tamil hebat menajga gawangnya. Kiper asal Spanyol tersebut menggagalkan peluang yang diperoleh Paul Pogba dan Jesse Lingard.

Manchester United kehilangan Marcos Rojo pada menit ke-23 yang mengalami cedera ketika menutup pergerakan Frank Acheampong. Bek asal Argentina tersebut ditarik keluar dan digantikan Daley Blind.

Pada menit ke-32, Anderlecht membangkitkan harapan setelah Sofiane Nanni mencatatkan namanya di papan skor. Gol dari Nanni membuat Anderlecht kembali berada dalam posisi imbang. Pemain asal Aljazair tersebut hampir membawa Anderlecht berbalik unggul kalau saja bola hasil tendangannya tidak melambung di atas gawang Ruben. Paruh pertama pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Memasuki babak kedua, Manchester Uniter mencoba bermain dengan hati-hati dan sabar dalam menyusun serangan. Namun kedisiplinan pemain Anderlecht membuat penggawa The Red Devils bermunculan.

Manchester United bukan tanpa peluang. Pada menit ke-71, Ibrahimovic melepas bola hasil tendangannya ke gawang Anderlecht, namun aksi cekatan Ruben menggagalkan skenario Ibrahimovic. Penyerang asal Swedia tersebut kembali memiliki peluang emas pada menit ke-82, tetapi bola hanya melebar ke samping kanan gawang lawan.

Pada menit ke-89, giliran Rashford yang membuang peluang Manchester United untuk kembali unggul atas Anderlecht. Wasit Alberto Undiano mengakhiri pertandingan babak kedua dengan kedudukan 1-1. Hasil tersebut membuat kedua klub harus menjalani babak tambahan untuk menentukan pemenang.

Manchester United mendapat petaka setelah 90 menit pertandingan berlalu. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi Zlatan Ibrahimovic yang tersungkur memegangi lututnya setelah berebut bola dengan pemain Anderlecht pada pengujung babak kedua.  Mourinho pun memutuskan untuk memainkan Anthony Martial pada babak tambahan.

Paul Pogba sempat membobol gawang Anderlecht pada menit ke-100 memanfaatkan umpan hasil tandukan Fellaini. Namun gol tersebut dianulir karena Fellaini lebih dulu melakukan pelanggaran.

Gol yang ditunggu suporter Manchester United akhirnya tercipta pada menit ke-107. Berawal dari operan lambung Daley Blind, Fellaini mengirimkan umpan kepada Rashford yang berada di dalam kotak penalti Anderlecht. Striker Manchester United tersebut menunjukkan kematangannya dengan mengelabui bek Anderlecht dan melepaskan tendangan yang bolanya tidak bisa digapai kiper tim lawan.

Pertandingan berakhir dengam skor 2-1 untuk kemenangan Manchester United. Kemenangan tersebut memastikan tempat The Red Devils di babak semifinal Liga Europa. Manchester United melaju ke babak semifinal dengan keunggulan agregat akhir 3-2.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): 20-Sergio Romero; 25-Antonio Valencia, 3-Eric Bailly, 5-Marcos Rojo (17-Daley Blind 23'), 23-Luke Shaw; 16-Michael Carrick, 6-Paul Pogba; 19-Marcus Rashford, 22-Henrikh Mkhitaryan, 14-Jesse Lingard (27-Marouane Fellaini 60'); 9-Zlatan Ibrahimovic (11-Anthony Martial 90').

Manajer: Jose Mourinho (Portugal)

Anderlecht (4-3-3): 30-Ruben; 12-Dennis Appiah, 4-Kara Mbodji, 5-Uro Spajic, 37-Ivan Obradovic; 31-Yoeri Tielemans, 32-Leander Dendocker, 94-Sofiane Hanni (73-Nicolae Stanciu 64'); 11-Alexandre Chipciu (10-Massimo Bruno 64'), 91-Lukasz Teodorczyck (24-Isaac Thelin 79'), 18-Franck Acheampong.

Pelatih: Rene Weiler (Swiss)

Wasit: Alberto Undiano (Spanyol)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini