Sukses


Strategi Cerdik ala Allegri di Stade Louis II

Bola.com, Monaco - Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengaku memberi sentuhan berbeda saat timnya bersua AS Monaco, pada Leg 1 Babak Semifinal Liga Champions 2016-2017, di Stade Louis II, Rabu (3/5/2017) atau Kamis (4/5/2017) dini hari WIB. Ia melakukan aksi cerdik, sehingga sang lawan terlihat 'mati kutu'.

Juventus menekuk AS Monaco dengan skor 2-0. Sepasang gol tim asal Italia tersebut berasal dari sepakan Gonzalo Higuain pada menit ke-29 dan 59'. Kemenangan dengan selisih dua gol tersebut memberi modal berharga bagi Juventus agar bisa lolos ke babak final Liga Champions.

Pada pertandingan tersebut, AS Monaco tampil mengurung Juventus. Namun, Juventus berhasil memberikan 'perlawanan' dengan melakukan isolasi dan pertahanan rapat. Walhasil, tak banyak peluang yang berhasil dibuat para penggawa AS Monaco.

Satu strategi yang cukup aneh adalah memainkan Andrea Barzagli dan Dani Alves sejak menit awal. Barzagli baru kembali dari cedera, sedangkan Dani Alves menggantikan posisi yang biasanya menjadi wilayah operasi Juan Cuadrado.

Meski terkesan aneh, strategi tersebut membuat AS Monaco kelabakan. Sebaliknya, lini pertahanan Juventus semakin tebal. Sedangkan peran Dani Alves yang naik-turun, tergolong optimal.

Efek keberadaan Dani Alves terbukti setelah melakukan dua assist yang berujung gol Higuain. Sementara Barzagli tampil kokoh kala berkolaborasi dengan kompatriotnya, Leo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengaku sengaja memainkan Barzagli dan Dani Alves. Keberadaan Barzagli terkait kebutuhan pemain dengan postur tinggi besar yang kuat berduel di udara. Maklum, AS Monaco memiliki Radamel Falcao yang jago menjemput bola di udara, dan terkadang Glik serta Kylian Mbappe ikut merangsek ke area penalti Gianluigi Buffon.

"AS Monaco memiliki kualitas dan karakter luar biasa. Saya kehilangan Sami Khedira, dan butuh pemain yang bisa menjaga orang serta bagus di udara. Karena ituulah saya memainkan Barzagli, dan terbukti bisa bermain luar biasa," papar Allegri.

Dani Alves yang berperan naik-turun berhasil memecah perhatian para pemain AS Monaco. Saat bertahan, Alves tampil brilian berkat aksi ngotot dan menggunakan pengalaman. Bahaya mengancam lini pertahanan AS Monaco saat Dani Alves merangsek ke depan, dan itu terbukti pada dua gol Gonzalo Higuain. Taktik ala Massimiliano Allegri tersebut memberi ruang tak nyaman bagi tuan rumah.

Bek Giorgio Chiellini mengakui, penampilan rekan-rekannya luar biasa dan mampu berjibaku layaknya tim yang sangat solid. Ia percaya, modal kemenangan ini akan membawa Juventus ke laga puncak di Cardiff.

Sumber: Juventus.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer