Sukses


Runner Up Bundesliga Terancam Gagal Tampil di Liga Champions

Bola.com, Leipzig - Runner up Bundesliga 2016-2017, RB Leipzig, terancam gagal tampil di Liga Champions musim depan. Kondisi tersebut dikarenakan Leipzig bernaung di bawah pemilik yang sama dengan juara Liga Austria, Red Bull Salzburg.

RB Leipzig menghadirkan kejutan di Bundesliga musim ini. Klub tersebut berhasil mengamankan peringkat kedua meski baru menjalani debut di kasta tertinggi sepak bola Jerman.

Skuat asuhan Ralph Hasenhuttl itu bahkan sempat memimpin klasemen sementara pada pekan ke-11 hingga 13. Meski begitu, mereka tidak pernah keluar dari dua besar sejak pekan kedelapan.

Hingga Bundesliga tinggal menyisakan satu pekan, RB Leipzig telah mengoleksi 66 poin dari 33 pertandingan. Jumlah angka mereka mustahil dikejar Borussia Dortmund yang berada satu strip di bawahnya dengan nilai 61.

Berdasarkan aturan UEFA, posisi RB Leipzig cukup untuk mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan. Hal tersebut karena Bundesliga mendapatkan jatah empat tiket berlaga di turnamen elite antarklub Eropa itu.

Akan tetapi, RB Leipzig terancam tidak dapat tampil di Liga Champions karena Red Bull Salzburg menjuarai Liga Austria. Kedua kesebelasan itu berada di bawah naungan minuman berenergi, Red Bull.

UEFA melalui regulasi resmi mereka melarang dua kesebelasan yang dimiliki satu perusahaan berlaga di kompetisi sama. Hal tersebut ditujukan untuk menghindari konflik kepentingan.

Regulasi UEFA pasal 5a ayat 3 berbunyi, "Tidak boleh ada kesebelasan yang secara langsung maupun tidak dilibatkan dalam pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen, administrasi, dan direktur olahraga di kesebelasan lain dalam kompetisi UEFA."

Keputusan mengenai nasib RB Leipzig baru akan ditentukan oleh UEFA setelah final Liga Champions. Namun jika merujuk pada peringkat UEFA, maka RB Leipzig kemungkinan akan tersingkir dari ajang tersebut.

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer