Sukses


Jelang Final Liga Europa: Kasper Dolberg Vs Marcus Rashford

Bola.com, Solna - Duel final Liga Europa antara Ajax Amsterdam kontra Manchester United di Friends Arena, Solna, Rabu (24/5/2017), bakal menjadi ajang unjuk gigi dua penyerang muda, Kasper Dolberg dan Marcus Rashford.

Dolberg merupakan salah satu pemain muda yang mencuri perhatian di Belanda dan Eropa. Meski masih berusia 19 tahun, bomber asal Denmark itu mampu menjadi andalan Ajax di lini depan.

Dia berhasil mendulang 23 gol dan delapan assist dari 47 pertandingan di seluruh ajang kompetisi pada musim ini. Dari 23 gol tersebut, enam di antaranya ditorehkan pada ajang Liga Europa.

Dengan koleksi 23 gol, Kasper Dolberg bercokol di posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak Ajax Amsterdam musim 2016-2017. Dia mampu unggul tiga gol atas Davy Klaassen yang menempati posisi kedua.

Jika de Godenzonen mengandalkan Kasper Dolberg, Manchester United berharap pada ketajaman Marcus Rashford. Pemain asli jebolan akademi sepak bola MU itu kerap mencetak gol pada saat-saat krusial.

Salah satunya adalah ketika Manchester United bersua RSC Anderlecht dalam leg kedua perempat final Liga Europa di Old Trafford, 20 April 2017. Bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama, The Red Devils kembali meraih hasil serupa dalam laga leg kedua.

Agregat sama kuat 2-2 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Rashford pun tampil sebagai pahlawan dengan mencetak gol pada menit ke-107. MU akhirnya menang 2-1, dan lolos ke semifinal dengan agregat 3-2.

Dengan usia yang sama-sama 19 tahun, kemampuan mengolah bola Dolberg dan Rashford diyakini masih akan terus berkembang. Apalagi, jika sukses membawa klub masing-masing meraih trofi Liga Europa 2016-2017, karier keduanya akan semakin bersinar.

Berikut ini adalah data dan statistik Kasper Dolberg serta Marcus Rashford pada musim ini:

2 dari 3 halaman

Kasper Dolberg

Pemain bernomor punggung 25 tersebut gabung ke Ajax pada 5 Januari 2015, ketika masih berusia 17 tahun. Dolberg digaet Ajax dari klub Denmark, Silkeborg IF. Setelah sempat membela Ajax U-19, Dolberg akhirnya dipercaya memperkuat tim senior pada awal musim ini.

Keputusan pelatih de Godenzonen, Peter Bosz, memasukkan nama Kasper Dolberg ke skuatnya tak salah. Bomber 19 tahun tersebut menjadi pilar penting di lini depan. Bermain selama 3.306 menit, Dolberg sukses mengoleksi 23 gol dan delapan assist.

Berkat kontribusi tersebut, Ajax Amsterdam finis diperingkat kedua klasemen akhir Eredivisie Belanda dengan nilai 81, tertinggal satu poin dari Feyenoord yang keluar sebagai juara, serta lolos hingga ke final Liga Europa.

Secara keseluruhan, pemain bernama lengkap Kasper Dolberg Rasmussen itu mencatatkan 4,5 tembakan per laga, 3,9 dribel per laga, dan akurasi umpannya yang mencapai 67,5 persen sepanjang musim ini.

3 dari 3 halaman

Marcus Rashford

Pemain asal Inggris itu mulai dipercaya memperkuat tim senior Manchester United pada musim 2015-2016. Dia pun menjalani debut ketika MU menang 5-1 atas Midtjylland, pada leg kedua 32 besar Liga Europa di Old Trafford, 25 Februari 2016.

Menghuni starting XI, Rashford berhasil mendulang dua gol, yakni pada menit ke-63 dan 75'. Secara keseluruhan, Rashford sukses mengoleksi delapan gol dan dua assist dari 18 pertandingan di seluruh ajang kompetisi musim lalu.

Memasuki musim ini, Marcus Rashford masih menjadi andalan di lini serang Setan Merah. Meski Manchester United memboyong Zlatan Ibrahimovic pada bursa transfer musim panas 2017, bomber 19 tahun tersebut berhasil mendulang 11 gol dan enam assist dari 53 penampilan.

Dengan jumlah tersebut, Rashford menjadi pencetak gol kedua terbanyak di klub. Dia tertinggal 17 gol dari Ibrahimovic yang menyandang status top skorer Manchester United musim ini.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer