Sukses


6 Fakta Menarik Setelah Manchester United Juarai Liga Europa

Bola.com, Stockholm - Manchester United berhasil menjuarai Liga Europa musim ini setelah mengalahkan Ajax Amsterdam dalam laga final, yang berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Rabu (24/5/2017).

MU mendapat perlawanan sengit dari Ajax sejak bola digulirkan. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, The Red Devils hanya mencatatkan 33 persen penguasaan bola, berbanding 67 persen milik Ajax.

Namun, Manchester United tampil lebih efektif. Mereka memperoleh empat peluang bagus dari enam kesempatan, sedangkan Ajax melepaskan 17 tembakan namun hanya tiga yang mengarah ke gawang.

MU akhirnya sukses mengunci kemenangan dengan skor 2-0. Sepasang gol Setan Merah disarangkan Paul Pogba pada menit ke-18 dan Henrikh Mkhitaryan menit ke-48.

Bagi Manchester United, ini adalah gelar perdana di Piala UEFA/Liga Europa. Namun, mereka telah mengoleksi seluruh titel penting di turnamen Eropa, yakni 3 Piala/Liga Champions, satu Piala Winners, dan satu gelar Piala UEFA/Liga Europa.

Berikut ini adalah enam fakta menarik setelah Manchester United menjuarai Liga Europa:

1. Jose Mourinho adalah pelatih kelima yang memenangkan empat atau lebih trofi penting di turnamen Eropa (2 Liga Champions dan dua Piala UEFA/Liga Europa). Hanya Giovanni Trapattoni yang meraih gelar lebih banyak.

2. Mourinho merupakan pelatih pertama yang memenangkan dua gelar di Liga Champions (FC Porto dan Inter Milan) serta Piala UEFA/Liga Europa (FC Porto dan Manchester United).

3. Sejauh ini, Jose Mourinho telah meraih 12 gelar dari 14 trofi juara di kompetisi penting sebagai pelatih, termasuk gelar di Eropa.

4. Manchester United adalah klub kelima yang meraih semua trofi penting di turnamen Eropa (3 Piala/Liga Champions, satu Piala Winners, dan satu gelar Liga Europa).

5. Henrikh Mkhitaryan mencetak enam gol dari sembilan pertandingan di Liga Europa musim ini. Dia pun menjadi pencetak gol terbanyak MU di turnamen tersebut, mengungguli Zlatan Ibrahimovic yang mengoleksi lima gol.

6. Paul Pogba untuk pertama kalinya mencetak gol secara beruntun bersama Manchester United, setelah 19 pertandingan terakhir tak pernah mencetak gol.

Sumber: Opta, Sky Sports Statto

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer