Sukses


Road to Final: Juventus

Bola.com, Cardiff - Juventus akan menghadapi Real Madrid pada laga final Liga Champions 2016-17 di Millenium Stadium, Cardiff, Wales (3/6/2017). Pada musim ini, Bianconeri tampil istimewa dengan tidak sekali pun menelan kekalahan hingga laga puncak.

Juventus menjadi finalis Liga Champions dengan torehan sempurna. Menjalani 12 pertandingan, La Vecchia Signora meraih sembilan kemenangan dan tiga hasil imbang.

Raihan tersebut membuktikan mentalitas Juventus. Klub asuhan Massimiliano Allegri tersebut sudah siap untuk mengangkat trofi Liga Champions pada laga final nanti.

Sebelum tampil di laga final, Juventus telah mengamankan gelar di kompetisi domestik, yaitu Liga Italia Serie A dan Coppa Italia. Liga Champions akan melengkapi raihan mereka menjadi treble winners jika berhasil merebutnya dari Real Madrid.

Juventus telah delapan kali tampil di final Liga Champions. Namun mereka hanya mampu mengamankan dua gelar, yaitu pada 1985 dan 1996.

Jika melihat catatan keberhasilan Juventus di Liga Champions, mereka memilik tren positif dan berpeluang mengamankan gelar tersebut.

Pada tahun 1985, Juventus menjadi juara setelah mengalahkan Liverpool, yang berstatus sebagai juara bertahan. Hal yang sama terulang pada tahun 1996 ketika menumbangkan Ajax Amsterdam dengan situasi yang sama.

Berikut ini adalah perjalanan Juventus menuju final Liga Champions 2017:

2 dari 5 halaman

Fase Grup

Duel antara pemain Juventus dan Sevilla pada laga kelima Grup H Liga Champions di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Selasa (22/11/2016). (AFP/Cristina Quicler)

Juventus menempati Grup H bersama Sevilla, Olympique Lyon, dan Dinamo Zagreb. La Vecchia Signora mencatatkan hasil impresif dengan empat dari enam pertandingan fase grup. Bianconeri hanya dua kali ditahan imbang, yaitu ketika menjamu Sevilla (Matchday 1) dan Olympique Lyon (Matchday 2). Hasil tersebut membuat Juventus melaju ke fase knockout sebagai juara Grup H.

Klasemen Grup H
Pos. Klub Menang Imbang Kalah Poin
1 Juventus 4 2 0 14
2 Sevilla 3 2 1 11
3 Olympique Lyon 2 2 2 8
4 Dinamo Zagreb 0 0 6 0

 

3 dari 5 halaman

Babak 16 Besar

Juventus menyingkirkan FC Porto pada babak 16 besar Liga Champions. (AFP/Giuseppe Cacace)

Juventus berhadapan dengan wakil Portugal FC Porto pada babak 16 Besar. Laga ini mempertemukan dua kiper kelas dunia, yaitu Gianluigi Buffon dan Iker Casillas.

Juventus keluar sebagai pemenang setelah menundukkan Porto pada laga kandang dan tandang. Bianconeri menang 2-0 di Do Dragao dan menang 1-0 di Turin.

 

4 dari 5 halaman

Babak Perempat Final

Juventus menyingkirkan Barcelona pada babak perempat final Liga Champions.

Kejutan terjadi pada babak perempat final ketika Juventus harus bertanding melawan Barcelona, lawan yang mengalahkan mereka pada laga final 2015. Tanpa diduga, Juventus membuat Barcelona tampil inferior ketika menumbangkan klub tersebut tiga gol tanpa balas di Turin. Pada laga tandang ke Barcelona, Juventus bermain imbang tanpa gol.

 

5 dari 5 halaman

Babak Semifinal

Juventus menyingkirkan AS Monaco pada babak semifinal. (EPA/Gulliaume Horcajuelo)

Juventus berhadapan dengan wakil Prancis, AS Monaco, yang berisikan bintang muda, seperti Bernardo Silva dan Kylian Mbappe. Pada laga tandang, dua gol yang dilesakkan Gonzalo Higuain memastikan kemenangan Bianconeri.

Pada laga kandang Juventus kembali meraih kemenangan dengan skor 2-1. Dani Alves mencetak gol spektakuler untuk Juventus pada laga tersebut.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer