Sukses


7 Fakta Kemenangan Real Madrid atas Juventus

Bola.com, Cardiff - Real Madrid menjuarai Liga Champions 2016-2017 setelah menang 4-1 atas Juventus di Stadion Millennium, Cardiff, Sabtu (3/6/2017) waktu setempat.

Pada babak pertama, kedua tim saling berbalas gol. Real Madrid mencetak gol terlebih dahulu melalui Cristiano Ronaldo pada menit ke-20. Namun, tujuh menit berselang, Juventus menyamakan skor melalui tendangan akrobatik Mario Mandzukic.

Setelah jeda, Real Madrid mencetak tiga gol tambahan ke gawang Juventus melalui Casemiro (61'), Ronaldo (64'), dan Marco Asensio (90').

Dalam laga tersebut, Juventus harus bermain dengan sepuluh orang setelah Juan Cuadrado mendapat kartu kuning kedua usai melanggar kapten Real Madrid, Sergio Ramos, pada menit ke-84. Real Madrid pun menang 4-1.

Dengan hasil ini, Real Madrid mempertahankan gelar Liga Champions. Los Blancos pun menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar tersebut sejak era Liga Champions dimulai pada 1992.

Berikut ini adalah fakta-fakta kemenangan Real Madrid atas Juventus:

1. Kemenangan ini membuat sejarah baru bagi sepak bola Eropa. Real Madrid menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar setelah format kompetisi menjadi Liga Champions pada 1992-1993.

2. Cristiano Ronaldo sudah mencetak 600 gol di semua kompetisi untuk klub dan tim nasional Portugal.

3. Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, sudah kebobolan enam gol melawan Ronaldo di Liga Champions, lebih banyak dari kiper lain.

4. Juan Cuadrado menjadi pemain ketiga yang mendapat kartu merah di final Liga Champions, setelah Jens Lehmann (Arsenal) dan Didier Drogba (Chelsea).

5. Zinedine Zidane menjadi pelatih pertama yang berhasil mempertahankan gelar di Liga Champions atau dulu yang disebut Piala Champions dalam 27 tahun terakhir. Sebelumnya, pelatih AC Milan, Arrigo Sacchi berhasil menjuarai Piala Champions pada 1989 dan 1990.

6. Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions pada musim ini. Penyerang berusia 32 tahun itu mencetak 12 gol dari 13 pertandingan atau lebih banyak satu gol ketimbang striker Barcelona Lionel Messi.

7. Real Madrid meraih trofi ke-12 Liga Champions, lebih banyak lima gelar ketimbang tim di bawahnya, AC Milan.

(Artikel ini ditulis Cakrayuri Nuralam dan diedit Defri Saefullah/Liputan6.com)

Video Populer

Foto Populer