Sukses


Toshiyasu Yasui, Otak di Balik Teknologi Sepatu Sepak Bola Mizuno

 

Laporan Langsung Jurnalis Bola.com, Rizki Hidayat, dari Osaka, Jepang. Toshiyasu Yasui merupakan salah satu sosok yang berpengaruh besar terhadap perkembangan sepatu sepak bola Mizuno. Tak heran jika Yasui dianggap sebagai "otak" di balik rancangan setiap sepatu sepak bola perusahaan perlengkapan olahraga asal Jepang tersebut. 

Pria yang sempat tinggal di Cikupa, Tangerang selama lima tahun itu bergabung di Mizuno sejak Maret 1980. Salah satu rancangan Toshiyasu Yasui yang paling fundamental dan bersejarah dalam perkembangan sepatu sepatu bola keluaran Mizuno adalah Morelia.

Bersama mantan pesepak bola Jepang, Musashi Mizushima, Toshiyasu Yasui mulai mengembangkan Morelia pada 1982. Namun, baru pada 1985, generasi pertama sepatu yang ketika itu diklaim sebagai sepatu sepak bola teringan di dunia tersebut diproduksi dan diperkenalkan ke publik.

Sejak saat itu, sepatu rancangan Toshiyasu Yasui mulai dikenal para pesepak bola dunia. Beberapa nama tenar pun pernah memakai rancangannya, mulai dari mantan bintang tim nasional Brasil, Careca, Gianfranco Zola, Rivaldo, Thiago Motta, hingga Hulk.

"Hampir semua pemain Sao Paolo dan Santos pada pertandingan 1993 memakai Mizuno Morelia. Careca turut mempopulerkan Morelia di Brasil," jelas Toshiyasu Yasui kepada Bola.com ketika menyambangi kantor Mizuno di Osaka, Jepang. 

Berkat tangan dingin Toshiyasu Yasui, sepatu sepak bola Mizuno khususnya Morelia semakin dikenal luas. Berbagai jenis Morelia pun telah diproduksi, dan yang terakhir adalah Morelie Neo yang diproduksi pada 2012.

"Gianfranco Zola ketika masih membela Napoli juga memakai sepatu Morelia. Padahal, saat itu Zola tidak ada kontrak dengan Mizuno. Saya pun langsung berbicara dengan distributor Mizuno di Italia 'kita harus memberi Zola kontrak, karena dia adalah pemain yang bakal membuat Morelia makin populer'," Toshiyasu Yasui melanjutkan perbincangan. 

Kini, Toshiyasu Yasui bertugas sebagai Chief Product Engineer Mizuno. Seluruh sepatu sepak bola yang diproduksi Mizuno harus melalui pengawasan Toshiyasu Yasui, termasuk Rebula yang baru diluncurkan di Chiba, Tokyo, pada Senin (19/6/2017).

Baca dan saksikan berita serta vlog liputan Bola.com langsung dari Jepang dalam rangkaian acara Launching Mizuno Rebula - Japan Tour, di sini

Video Populer

Foto Populer