Sukses


Mengintip Proses Pembuatan Sepatu Anyar Keisuke Honda dkk

 

Laporan Langsung Jurnalis Bola.com, Rizki Hidayat, dari Osaka, Jepang. Berstatus sebagai salah satu perusahaan besar, Mizuno memiliki pabrik di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Jepang. Berbeda dengan negara lain, produksi yang dihasilkan di Jepang berkualitas terbaik.

Pabrik yang terletak di kawasan industri penghasil sepatu perfecture Hyogo ini hanya memiliki 70 karyawan. Meski begitu, produksi dari pabrik ini tidak hanya dipasarkan di Jepang, namun juga hingga ke seluruh dunia.

Bola.com berkesempatan untuk menyambangi pabrik tersebut pada Rabu (21/6/2017). Butuh waktu perjalanan selama dua jam menggunakan bus dari pusat Kota Osaka menuju ke pabrik Mizuno yang terletak di Hyogo Prefecture, Ako District.

Di pabrik ini, Mizuno memproduksi berbagai sepatu sepak bola, mulai dari Morelia Neo, Morelia II, Monarcida, dan Rebula V1, serta beberapa sepatu kasual dan sneakers. Seluruh produk pun dibuat dengan sangat baik oleh para karyawannya.

Seperti ketika membuat produk Morelia, bahan pertama kali dipotong, kemudian dijahit, memasang tapak bagian bawah, pengeleman, pemasangan sol, pengepresan, dan terakhir pengepakan dilakukan dengan sangat teliti dan harus sesuai dengan bentuk yang dinginkan.

Proses serupa pun dilakukan untuk membuat sepatu Rebula. Namun bedanya, Rebula yang memiliki CT Frame harus dibuat di Vietnam, dan kemudian proses penyelesaian akhir tetap dilakukan di Jepan.

Mampu menghasilkan kualitas terbaik membuat sepatu yang diproduksi di Jepang bernilai jual tinggi, misalnya, Rebula. Untuk Rebula V1 Japan dijual di pasaran dengan harga 25 ribu yen (Rp 2,9 juta), sedangkan V1 yang dibuat di negara lain dibanderol 20 ribu yen (Rp 2,3 juta).

"Kami khusus memproduksi sepatu sepak bola di pabrik ini, mulai dari Morelia II, Morelia Neo, Monarcida, dan Rebula V1 Japan. Di pabrik ini juga memproduksi sepatu kasual dan sneakers," ujar Manager Football Business Development Team Mizuno, Satoshi Miyamoto, kepada Bola.com.

"Untuk perbandingannya adalah 90 persen memproduksi sepatu sepak bola, dan sisanya adalah sport style seperti sneakers. Mizuno mulai memproduksi sepatu sepak bola di pabrik ini sejak 1982," papar Satoshi.

Mizuno juga tengah memproduksi sepatu-sepatu sepak bola versi terbaru dari Morelia Neo dan Rebula. Sepatu itu, rencananya baru akan resmi diperkenalkan ke publik dalam beberapa bulan ke depan. 

Saksikan vlog Bola.com saat mengintip proses pembuatan sepatu sepak bola Mizuno di Osaka melalui player di bawah ini: 

Baca dan saksikan berita serta vlog liputan Bola.com langsung dari Jepang dalam rangkaian acara Launching Mizuno Rebula - Japan Tour, di sini

Video Populer

Foto Populer