Sukses


Menerka Cara PSG Menebus Neymar dari Barcelona

Bola.com, London - Kabar kepindahan penyerang Barcelona, Neymar, ke Paris Saint-Germain merebak dalam beberapa pekan terakhir. Paris Saint-Germain diberitakan telah menyiapkan dana besar untuk mendatangkan Neymar.

Menurut media-media Prancis, PSG siap membayar klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta euro (Rp 3,44 triliun). Apabila benar, jumlah tersebut dua kali lebih besar dari Paul Pogba, pemain termahal dunia saat ini. Pogba dibeli Manchester United dari Juventus dengan banderol 105 juta euro (Rp 1,62 triliun).

Klausul pelepasan Neymar sangat besar karena Barcelona yakin tidak akan ada klub yang mampu menebusnya. Namun, jumlah tersebut tidak mustahil apabila dikeluarkan Manchester United atau Real Madrid. Bukan tanpa sebab, kedua klub tersebut bertengger di tiga besar kesebelasan terkaya di dunia.

Akan tetapi, kesebelasan yang menginginkan jasa Neymar bukanlah Manchester United atau Real Madrid, melainkan PSG. Hal itu menyita perhatian banyak pihak karena PSG tidak termasuk 10 besar klub terkaya.

Keinginan PSG merekrut Neymar membuat Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengeluarkan sindiran. Menurut Bartomeu, rencana tersebut dapat membuat PSG bermasalah dengan aturan Financial Fair Play (FFP).

Saga transfer Neymar membuat pakar keuangan asal Universitas Sheffield, Dr Rob Wilson, berkomentar. Wilson memberikan analisis cara PSG membayar klausul pelepasan Neymar.

Pemain Barcelona, Neymar, berlari saat latihan di Red Bull Arena, New Jersey, Jumat (21/7/2017). Latihan ini dilakukan jelang laga ICC 2017 melawan Juventus. (AFP/Jewel Samad)

"Ketika klub sepak bola ingin membeli pemain, baik besar maupun kecil, mereka akan menyicil pembayaran selama kontrak berlaku," ujar Wilson kepada BBC.

"Kita asumsikan PSG membayar 222 juta euro untuk Neymar dan dia menandatangani kontrak 10 tahun. Maka, pihak PSG akan membayar 22,2 juta euro (Rp 344 miliar) per tahun kepada Barcelona. Tentu saja, Barcelona harus terlebih dulu menyetujui metode pembayaran tersebut."

"Meski begitu, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran di muka. Sebagai contoh, ketika Cristiano Ronaldo bergabung dengan Real Madrid dari Manchester United dengan harga 94 juta euro (Rp 1,45 triliun) pada 2009, Manchester United meminta pembayaran dilakukan di muka."

"Terkait Neymar, menurut saya Anda akan melihat transaksi dengan uang muka sekitar 112 juta euro (Rp 1,73 triliun). Setelah itu, PSG akan melakukan pembayaran selama beberapa tahun untuk melunasi sisanya," kata Wilson.

Neymar bergabung dengan Barcelona setelah dibeli dari Santos seharga 88,2 juta euro (Rp 1,36 triliun). Selama membela Barcelona, Neymar tampil dalam 186 pertandingan dengan koleksi 105 gol dan 80 assist di semua ajang.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer