Sukses


Menilai Keuntungan Finansial PSG Setelah Datangkan Neymar

Bola.com, London - Paris Saint-Germain (PSG) menebus Neymar dari Barcelona dengan harga 198 juta poundsterling (Rp 3,43 triliun). Lalu, keuntungan apa yang diperoleh PSG dari segi finansial?

PSG menghadirkan kejutan sewaktu mendatangkan Neymar dari Barcelona. Hal itu karena Neymar menjadi pesepak bola termahal sepanjang, mengalahkan rekor Paul Pogba sewaktu pindah dari Juventus ke Manchester United pada 2016.

Bersama PSG, Neymar akan mengikat kontrak selama lima tahun. Pemain asal Brasil itu ditengarai mendapatkan gaji 55 juta poundsterling (Rp 962 miliar) per musim.

Lalu, apakah PSG dapat mengembalikan jumlah yang mereka keluarkan melalui penjualan jersey, image rights, dan nilai dagang Neymar? Apakah kerja sama tersebut merupakan investasi tepat untuk PSG?

Direktur Manajer Asosiasi Lisensi Industri Merchandise, Kelvyn Gardner, menganalisis keuntungan yang dapat diperoleh PSG pada kesepakatan transfer Neymar.

"Ketika klub menginvestasikan uang besar dan gaji kepada seorang pemain, biasanya mereka telah memperhitungkan pendapatan kembali dan kesempatan membangun bisnis. Pemain dengan profil tinggi seperti Neymar selalu memberikan keamanan untuk klub dan pemain," ujar Kelvyn Gardner.

"Situasi tersebut berarti klub memiliki banyak kesempatan untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan image rights pemain. Hal itu termasuk iklan dan sponsor menggunakan tim dan sekelompok pemain. Mereka berusaha menyaingi Cristiano Ronaldo," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Promosi Internasional

Menurut Gardner, PSG memperoleh kesempatan untuk mempromosikan merk mereka di seluruh dunia melalui transfer Neymar. Kedatangan pemain 25 tahun itu membuat penjualan Les Parisien dapat meningkatkan penjualan merchandise klub di Asia.

"Penggemar sepak bola di China, Taiwan, dan Thailand dapat berpindah tergantung kesuksesan di atas lapangan. Hal itu berbeda dibandingkan penggemar di Eropa yang menganggap timnya seperti agama. Membeli pemain bintang merupakan salah satu cara untuk mengungang ketertarikan dari pendukung di negara lain."

"Membeli jersey PSG tidak terdapat di pikiran para penggemar sepak bola di Asia. Namun, kedatangan Neymar dapat mengubah segalanya. Hal tersebut dapat meningkatkan penjualan jersey dan profil klub. Tidak hanya dari segi komersil, transfer itu juga dapat menarik pemain hebat lain untuk datang ke PSG di masa depan."

Anggapan Gardner itu disetujui Wakil Presiden MediaCom, Misha Sher. Menurutnya, kedatangan Neymar membuat PSG mendekati reputasi klub-klub besar Eropa.

"Saat ini, saya tidak yakin PSG dapat meraih keuntungan yang sama sesuai dengan dana yang mereka keluarkan. Namun, mereka memiliki sesuatu yang unik untuk dapat bersaing secara komersial dan reputasi dengan klub-klub seperti Real Madrid, Manchester United, dan Barcelona," ujar Gardner.

3 dari 3 halaman

Pemenang pada Transfer Neymar

Sher menganggap kepindahan Neymar ke liga yang lebih tidak terkenal membuat segalanya menjadi lebih menarik dari sisi komersial. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan secara tidak langsung kepada pihak-pihak lain.

"Kepindahan Neymar ke PSG lebih dari sekadar transaksi bisnis. Kesepakatan itu mengandung unsur politik, kultur, dan aspek komersial yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Salah satu pesepak bola terbaik dunia pindah ke liga yang tidak lebih terkenal, transfer Neymar merepresentasikan pemberontakan."

"Hak siar liga Prancis hampir dipastikan akan bertambah besar karena banyak penggemar ingin melihat Neymar bermain di sana. Dengan hubungan erat antara PSG dengan Qatar dan Piala Dunia segera digelar di sana, pemerintah setempat juga dapat memperoleh keuntungan. Kedatangan Neymar dapat meningkatkan ketertarikan para penggemar sepak bola."

Berdasarkan pandangan para ahli di atas, PSG tidak menderita kerugian meski mengeluarkan dana hampir 500 juta poundsterling (Rp 8,68 triliun) untuk mendatangkan Neymar. Bahkan, hal tersebut dapat membawa dampak positif untuk banyak pihak.

Sumber: The Campaign

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer