Sukses


Harga Neymar Membuat FIFPro Minta Penyelidikan Transfer Pemain

Bola.com, London - Transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) memantik atensi banyak pihak, termasuk organisasi pesepak bola profesional (FIFPro). Mereka meminta adanya penyelidikan terhadap transfer pemain bernilai selangit, termasuk Neymar.

FIFPro menilai, harga para seniman sepak bola sudah tidak masuk akal. Banyak yang beranggapan, ada sesuatu yang besar di balik nilai transfer fantastis dalam sepak bola Eropa. PSG memboyong Neymar seharga Rp 3,5 triliun, plus gaji Rp 10,1 miliar per pekan.

Menurut FIFPro, transfer gila-gilaan yang mendistorsi pasar itu telah turut menyumbang kehancuran dalam keseimbangan kompetisi. Sekretaris Jenderal FIFPro, Theo van Seggelen mendesak Komisi Eropa segera mengkaji kembali aturan transfer yang sudah diterapkan sejak 2001.

"FIFPro menyerukan kepada Komisi Eropa untuk menyelidiki aliran uang via biaya transfer dalam wilayah Uni Eropa untuk mengetahui dampaknya terhadap keseimbangan kompetisi di kawasan ini," ujar Van Seggelen.

"Rekor transfer dunia Neymar adalah contoh terakhir dari bagaimana sepak bola telah semakin menjadi domain sekelompok kecil klub kaya yang kebanyakan klub-klub yang berbasis di Eropa," kata Seggelen, dalam laman ESPN.

Van Seggelen menyuarakan keperihatinan kemakmuran sepak bola menjadi terpusat kepada segelintir liga dan klub. Seharusnya, sistem tersebut mampu terdistribusi secara lebih efisien dan lebih adil demi melindungi keseimbangan kompetisi.

"FIFPro meminta Komisi Eropa meluncurkan investigasi mendalam atas aturan transfer yang telah disepakati pada 2001 dan yang kini perlu segera dikaji kembali," terang Seggelen.

Harga Neymar menjadi satu di antara fenomena harga pemain mahal dalam dua tahun terakhir. Isu Neymar melebihi aktivitas bursa transfer pemain yang melibatkan klub-klub asal Liga Super China pada awal musim panas lalu.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer