Sukses


Catatan Manchester United di Piala Super Eropa

Bola.com, Skopje - Manchester United akan melakoni laga Piala Super Eropa 2017 menghadapi Real Madrid. Laga tersebut akan menjadi penampilan keempat bagi The Red Devils di ajang tersebut.

Manchester United keluar sebagai juara Liga Europa pada musim 2016-17. Keberhasilan tersebut mengantarkan Manchester United ke Piala Super Eropa 2017.

Ajang tersebut bukanlah ajang yang asing bagi Manchester United. Jika menilik sejarah, The Red Devils sudah tiga kali tampil di Piala Super Eropa.

Manchester United telah menjuarai Liga Champions sebanyak tiga kali, sedangkan Piala Winners satu kali. Pada periode 1972-1999, format Piala Super Eropa adalah mempertemukan juara Liga Champions dan Piala Winners. Setelah itu, pesertanya adalah juara Liga Champions dan juara Piala UEFA (sekarang Liga Europa).

Jika melihat rentang waktu tersebut, Manchester United mengikuti Piala Super Eropa dengan rincian sebagai juara Piala Winners sebanyak satu kali dan sebagai juara Liga Champions sebanyak dua kali.

Sejauh ini, Manchester United baru bisa merasakan gelar Piala Super Eropa sebanyak satu kali, yaitu pada 1991.

Berikut ini adalah catatan kiprah Manchester United di Piala Super Eropa:

2 dari 4 halaman

Piala Super Eropa 1991

Piala Super Eropa 1991 menjadi kali pertama Manchester United tampil sebagai peserta. Setelah menjuarai Piala Winners 1990-91 dengan mengalahkan Barcelona.

Pada laga Piala Super Eropa 1991, Manchester United berhadapan dengan Red Star Belgrade. Seharusnya, laga tersebut dilangsungkan secara tandang dan kandang, namun konflik yang terjadi di Yugoslavia membuat UEFA memutuskan laga hanya berlangsung satu kali di Old Trafford, Manchester.

The Red Devils keluar sebagai pemenang lewat gol tunggal yang dicetak Brian McClair. Gol tersebut terjadi pada menit ke-67 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Piala Super Eropa 1999

Manchester United menjalani musim yang hebat pada 1998-99. Klub asuhan Sir Alex Ferguson tersebut meraih tiga gelar dalam semusim, yaitu Premier League, Piala FA dan Liga Champions.

Kesuksesan Manchester United mengalahkan Bayern Munchen pada final Liga Champions 1998, mengantarkan mereka melaju ke Piala Super Eropa menghadapi Lazio yang menjadi juara Piala Winners 1999.

Laga yang dimainkan di Stade Louis II tersebut dimenangi Lazio dengan skor 1-0. Gol tunggal pada laga tersebut dicetak penyerang asal Cile, Marcelo Salas pada menit ke-35.

4 dari 4 halaman

Piala Super Eropa 2008

Manchester United meraih gelar Liga Champions ketiga setelah mengalahkan Chelsea pada musim 2007-08. Mereka pun melaju ke Piala Super Eropa untuk menghadapi Zenit St. Petersburg yang berstatus juara Piala UEFA.

Namun, usaha Manchester United untuk meraih gelar Piala Super Eropa kedua sepanjang sejarah kembali menemui kegagalan.

The Red Devils menelan kekalahan dengan skor 1-2. Zenit unggul dua gol terlebih dahulu lewat Pavel Pogrebnyak dan Danny Gomes. Manchester United hanya bisa membalas lewat gol Nemanca Vidic.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer