3 Pemain Termahal yang Gagal Juara Liga pada Musim Pertama

Oleh Adyaksa Vidi pada 12 Agu 2017, 22:19 WIB
Neymar gabung ke PSG

Bola.com, Jakarta - Berstatus pemain termahal dunia membuat ekspektasi publik terhadap Neymar sangat tinggi. Tekanan bakal datang dari fans Paris Saint-Germain (PSG). Mereka berharap Neymar bisa memberi trofi juara Ligue 1 dan Liga Champions, dua status utama yang diburu PSG.

Neymar tak bisa berleha-leha. Fakta mengungkapkan, ada beberapa pemain termahal dunia yang gagal memberi trofi juara pada musim pertama. Walhasil, Neymar harus tancap gas sejak penampilan pertama agar PSG bisa, minimal, menjadi juara Ligue 1.

Neymar datang ke PSG dengan banderol Rp 3,5 triliun. Angka tersebut membuat eks Barcelona ini melewati harga beberapa pemain seperti Cristiano Ronaldo, Gareth Bale dan Paul Pogba.

Uniknya, tiga nama yang sempat bertatus termahal sejagad tersebut mengalami hal yang kurang baik. Ronaldo, Bale dan Pogba gagal memberi trofi liga domestik terhadap klub yang baru membelinya. Latar itulah yang membuat Neymar bakal menghadapi tantangan tak mudah.

Fakta lain, berstatus pemain termahal dunia bukan jaminan sebuah klub langsung juara liga. Bahkan dari 12 pemain yang memecahkan rekor transfer, hanya satu pemain yang juara, yakni Luis Figo.

Ya, legenda sepak bola Portugal itu membawa Real Madrid juara tahun 2000. Padahal, dia baru pindah dari klub rival, Barcelona. Kini, Neymar wajib mencermati catatan tiga pemain termahal sebelumnya. Berikut ini beberapa catatan terkait CR7, Bale dan Pogba.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

1 of 4

Paul Pogba

Manchester United, Premier League, Jose Mourinho, Paul Pogba
5. Paul Pogba (Manchester United) - Paul Pogba memecahkan rekor transfer pada bursa transfer musim panas 2016. The Red Devils rela membayar 89,3 juta poundsterling (Rp 1,54 triliun) kepada Juventus untuk memulangkan sang pemain. (EPA/Nigel Roddis)

Paul Pogba bergabung dengan MU musim panas lalu. Ia dibeli dari Juventus dengan memecahkan rekor transfer.

MU berharap kedatangan pemain asal Prancis itu bisa membuat mereka kembali berjaya. Sebenarnya harapan itu ada benarnya.

Pasalnya, Pogba membantu MU meraih tiga gelar sekaligus. Namun, di Liga Inggris mereka terpuruk dan hanya finis di posisi keenam.

2 of 4

Cristiano Ronaldo

Real Madrid vs Bayern Munchen-Liga Champions 2017-Ap photo-20170419-
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai menceploskan bola ke gawang Bayern Munchen saat Perempat Final Liga Champions 2017 di Santiago Bernabeu, Spanyol, Rabu (19/4). Madrid kalahkan Munchen dengan skor 4-2 lewat perpanjangan waktu. (AP Photo)

Ronaldo memecahkan rekor transfer dunia pada 2009. Saat itu ia dibeli dengan harga 80 juta pound sterling dari MU.

Namun, kedatangan bintang asal Portugal itu tidak memberikan dampak instan bagi Los Galacticos. Dalam dua musim pertamanya, CR7 hanya mendapat Copa del Rey.

Gelar La Liga baru didapat Ronaldo pada musim 2011/12 dan 2016/17.

3 of 4

Gareth Bale

Florentino Perez
Presiden Real Madrid Florentino Perez memperkenalkan Gareth Bale, September 2013. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Real Madrid mendatangkan Bale pada tahun 2013. Ia dibeli dari Tottenham dengan harga 86 juta pound sterling.

Namun, Bale tidak mampu membawa Madrid langsung juara La Liga. Pada musim perdananya, sayap asal Wales itu hanya membawa Madrid juara Liga Champions dan Copa Del Rey.

Dia baru meraih gelar La Liga pada musim lalu. Itu pun tidak memberikan kontribusi maksimal karena sering cedera.

Lanjutkan Membaca ↓