Sukses


Carlos Tevez dan 8 Pesepak Bola Top yang Gagal Tes Doping

Bola.com, Moskow - Penyerang asal Argentina, Carlos Tevez, serta beberapa pesepak bola terkenal gagal melewati tes doping sebelum perhelatan Piala Dunia 2010. Meski begitu, para pemain tersebut tetap diizinkan tampil di Piala Dunia. 

Grup peretas asal Rusia, Fancy Bears, dikabarkan BBC, Selasa (22/8/2017), telah merilis daftar pemain tersebut. Selain Tevez, terdapat beberapa pemain yang memakai obat yang dilarang dalam dunia olahraga, yakni Gabriel Heinze, Dirk Kuyt, Mario Gomez, hingga Mauro Camoranesi. 

Para pemain tersebut tersandung kasus therapeutic use exemptions (TUEs). Situasi itu terjadi saat para pesepak bola diperbolehkan menggunakan obat yang dilarang secara legal, namun dengan resep khusus dari dokter.

Akan tetapi, para pemain itu harus menghubungi pemerintah negara masing-masing untuk menggunakan obat tersebut. Selain itu, mereka juga diberi batas penggunaan.

Para pemain yang terdapat dalam rilis Fancy Bears menggunakan obat-obatan tersebut melewati batas yang telah ditetapkan dan tanpa izin dari pemerintah setempat, tetapi tetapi bisa berlaga di Piala Dunia 2010.

Dalam rilis tersebut, Fancy Bears juga menyatakan terdapat lebih dari 160 pemain yang gagal lolos tes doping pada 2015. Tiga di antaranya terbukti menggunakan kokain dan satu memakai ekstasi.

Perilisan daftar tersebut membuat FIFA kalang kabut. Mereka khawatir hal itu dapat mengganggu kampanye melawan penyalahgunaan obat yang tengah mereka lakukan.

Ketika bermain pada Piala Dunia 2010, Carlos Tevez masih berstatus sebagai penggawa Manchester City.

Berikut ini merupakan daftar pemain papan atas yang gagal melakukan tes medis sebelum mengikuti Piala Dunia 2010:

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain

Argentina

Nama Pemain Jenis Obat yang Digunakan
Diego Milito Formoterol, Salbutamol, Budesonide, Betametasone
Carlos Tevez Betamethasone
Juan Sebastian Veron Betamethasone
Gabriel Heinze Betamethasone
Walter Samuel Betamethasone


Jerman

Nama Pemain Jenis Obat yang Digunakan
Mario Gomez Salbutamol


Italia

Nama Pemain Jenis Obat yang Digunakan
Vincenzo Iaquinta Betamethasone
Mauro Camoranesi Triamcinolone, Xylocaine


Belanda

Nama Pemain Jenis Obat yang Digunakan
Dirk Kuyt Dexamethasone

Sumber: BBC

 

Video Populer

Foto Populer