Sukses


Cristiano Ronaldo Sabet Gelar Pemain Terbaik Eropa 2016-2017

Bola.com, Monaco - UEFA menobatkan Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik Eropa musim 2016-2017, dalam acara pengundian fase grup Liga Champions di Monako, Kamis (24/8/2017). Itu merupakan penghargaan ketiga yang diterima bomber Real Madrid tersebut sepanjang kariernya.

Cristiano Ronaldo mengungguli perolehan suara dua kandidat lain, yakni bomber Barcelona, Lionel Messi, dan Gianluigi Buffon (Juventus). Ronaldo terpilih sebagai yang terbaik karena sukses mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions yang ke-12 sepanjang sejarah klub.

Dari total 13 pertandingan yang dilakoni musim lalu, Cristiano Ronaldo mencetak 12 gol dan enam assist. Gelontoran gol itu termasuk ketika Real Madrid mengalahkan Juventus 4-1 pada laga puncak, 3 Juni 2017.

"Saya sangat senang bisa berada di sini, dan merasa terhormat dapat memenangi piala ini lagi. Terima kasih untuk rekan satu tim dan selamat juga kepada mereka. Saya sangat diberkati. Terima kasih juga kepada para pendukung Real Madrid, dan setiap orang yang membantu saya meraih piala ini," kata Ronaldo.

Selain penghargaan pemain terbaik Eropa, UEFA juga menyaring empat nama terbaik dari empat posisi berbeda. Sistem penilaiannya ditentukan oleh suara 55 jurnalis, perwakilan setiap asosiasi sepak bola anggota UEFA, dan para pelatih dari 32 klub yang berkompetisi di Liga Champions musim kemarin.

Berikut ini adalah penjabarannya:

2 dari 5 halaman

Penjaga gawang

Musim lalu, Juventus mencapai babak final tidak lepas dari kepiawaian Gianluigi Buffon di bawah mistar gawang. Kemampuannya mengatur lini pertahanan membuat I Bianconeri menorehkan sembilan clean sheets dari total 12 pertandingan.

UEFA tak ayal menobatkan Gianluigi Buffon sebagai kiper terbaik. Dia sukses menyingkirkan Manuel Neuer (Bayern Munchen), dan Jan Oblak (Atletico Madrid).

3 dari 5 halaman

Pemain bertahan

Real Madrid merupakan satu dari sekian tim yang memiliki lini pertahanan terbaik. Performa positif tersebut dinilai berkat kontribusi Sergio Ramos sebagai pemimpin di jantung pertahanan.

Sergio Ramos menunjukkan permainan gemilang dalam 11 penampilannya di Liga Champions musim lalu. Sang kapten pun menyumbangkan satu gol dan tiga assist untuk Real Madrid.

UEFA lantas menobatkan Sergio Ramos sebagai bek terbaik. Dia mengalahkan rekannya Marcelo, dan Leonardo Bonucci (Juventus, sekarang menjadi pemain AC Milan).

4 dari 5 halaman

Gelandang

Dari sektor gelandang, UEFA mengumumkan Luka Modric sebagai yang terbaik. Modric dinilai memiliki peran krusial meski hanya mencetak satu assist dari 11 penampilan di Liga Champions musim lalu.

Luka Modric mengungguli perolehan suara kedua rekannya di Real Madrid, antara lain Casemiro dan Toni Kroos. Modric diprediksi akan kembali mengulang pencapaian itu andai terus tampil konsisten sepanjang musim ini.

5 dari 5 halaman

Penyerang

Selain penghargaan pemain terbaik Eropa, Cristiano Ronaldo juga menjadi nomor satu di sektor penyerang. Sang pemain mengalahkan perolehan suara Lionel Messi dan bomber Juventus, Paulo Dybala.

Meski telah berusia 32 tahun, Cristiano Ronaldo mampu menjaga konsistensi permainan. Dia mampu memuncaki daftar pencetak gol Liga Champions musim lalu, dengan koleksi 12 gol, unggul satu dari Lionel Messi.

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer