Sukses


5 Wonderkid Calon Penerus Messi dan Ronaldo di Liga Champions

Bola.com — Ingar bingar sepak bola Eropa akan kembali disemarakan dengan pertandingan Liga Champions yang dilaksanakan pada tengah pekan ini. Pandangan mata tidak hanya akan tertuju kepada 32 klub yang akan berlaga, tetapi juga kepada nama-nama mentereng, misalnya, Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. 

Selama 10 musim terakhir, Ronaldo dan Messi berhasil memenangi tujuh gelar Liga Champions. Ronaldo menjadi juara sebanyak empat kali dengan rincian satu bersama Manchester United dan tiga bersama Real Madrid. Sementara itu, La Pulga, Julukan Messi, mengoleksi tiga juara yang semuanya diraih bersama Barcelona.

Tidak berhenti sampai di situ, kedua pemain ini berhasil masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa pada Liga Champions. CR7 berhasil memuncaki daftar tersebut dengan torehan 105 gol dan diikuti Messi dengan 94 gol di tempat kedua.

Ronaldo dan Messi juga berhasil mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan hattrick terbanyak. CR7 dan La Pulga masing-masing berhasil mencetak tujuh hattrick. Catatan ini membuat mereka unggul jauh dari Mario Gomez, Filippo Inzaghi dan Luiz Adriano yang hanya mampu mencetak tiga hattrick.

Saat ini muncul pertanyaan: Siapakah pemain yang layak meneruskan dominasi Messi dan Ronaldo dalam 10 tahun ke depan? Atau adakah pemain yang mampu mematahkan rekor yang dicatatkan kedua bintang tersebut?

Awalnya, muncul nama bintang Paris Saint-Germain, Neymar (25 tahun) dan penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann (26 tahun). Namun, menilik usia, sejatinya ada beberapa nama di bawah usia mereka yang dapat diperhitungkan dalam percaturan sepak bola dunia 10 tahun ke depan. 

Siapa saja para talenta muda itu? Berikut ini adalah ulasannya: 

Kylian Mbappe

Striker PSG, Kylian Mbappe, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Metz pada laga Ligue 1 Prancis di Stadion Saint-Symphorien, Moselle, Jumat (8/9/2017). Metz kalah 1-5 dari PSG. (AFP/Jean-Christphe Verhaegen)

Kylian Mbappe mencuri perhatian dunia setelah mengantarkan AS Monaco melaju ke semifinal Liga Champions musim lalu. Remaja 18 tahun tersebut memiliki kecepatan, kekuatan dan insting mencetak gol yang tinggi. Banyak pengamat sepak bola yang menyandingkan kemampuan Mbappe dengan legenda Perancis, Thierry Henry.

Klub-klub besar Eropa seperti Real Madrid, Manchester City, Liverpool dan Arsenal berusaha menggaet Mbappe. Namun, Mbappe memilih hengkang ke Paris Saint-German sebagai pemain pinjaman. Paris Saint-German dikabarkan akan mempermanenkan status Mbappe dengan biaya biaya 180 juta euro (Rp 2,83 triliun) kepada AS Monaco.

Saat ini, bersama pemain-pemain bintang yang dimiliki Paris Saint-German, Mbappe akan memulai petualangan untuk mendominasi Liga Champions di masa depan.

2 dari 3 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele masuk ke dalam perhitungan setelah Barcelona rela menggelontorkan dana besar saat merekrutnya. Namun, pemain 20 tahun tersebut terlebih dahulu harus menjawab pertanyaan publik Catalan yang meragukan kemampuannya.

Dembele akan sedikit terbantu dengan lini depan Barcelona yang diisi nama-nama mentereng seperti Lionel Messi dan Luis Suarez. Dengan banderol 105 juta euro (Rp 1,65 triliun) Barcelona tentu berharap mendapatkan pengganti Lionel Messi di masa depan.

Marco Asensio

Selama berkostum Real Madrid, Marco Asensio, berhasil mempersembahkan 5 trofi juara mulai dari Piala Super Eropa 2016, La Liga, Liga Champions, Piala Super Eropa 2017 dan Piala Super Spanyol 2017. (AFP/Curto De La Torre)

Real Madrid berstatus sebagai tim dengan gelar juara terbanyak selama perhelatan Liga Champions. Namun, Real Madrid perlu berpikir ulang jika melihat skuat saat ini. Los Blancos dihuni pemain-pemain yang mulai memasuki usia senja. Cristiano Ronaldo, Luka Modric dan Sergio Ramos, misalnya, yang telah berusia di atas 30 tahun.

Namun, Real Madrid bisa sedikit bernapas lega jika melihat performa pemain muda, Marco Asensio. Asensio berhasil menjadi pemain penentu kemenangan dalam beberapa pertandingan terakhir. Tak heran jika Asensio dipersiapkan menjadi tim inti Real Madrid dalam beberapa tahun ke depan.

Real Madrid hanya mengeluarkan 3,9 juta euro (Rp 61,52 miliar) untuk menggaet Asensio dari Mallorca pada 2014. Biaya tersebut bisa dibilang sedikit jika dibandingkan dengan transfer Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele.

3 dari 3 halaman

Gabriel Jesus

Gabriel Jesus sudah lama digadang-gadang sebagai calon pemain masa depan Brasil. Hal inilah yang melatari keputusan Manchester City merekrut pemain 20 tahun tersebut.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, akan menjadi nilai tambah bagi perkembangan Jesus. Guardiola dengan segudang pengalamannya akan menjadikan Gabriel Jesus sebagai salah satu striker berbahaya. Saat ini, Gabriel Jesus sudah mengemas tiga gol dari empat pertandingan Premier League 2017-2018.

Marcus Rashford

Marcus Rashford menjadi pemain terbaik dalam laga Manchester United kontra Anderlecht. (doc. UEFA)

Tidak mau kalah dengan Manchester City, Manchester United juga memiliki talenta besar dalam diri Marcus Rashford. Meski baru 19 tahun, Marcus Rashford beberapa kali mampu membuktikan kualitasnya dengan gol-gol yang ia cetak, baik untuk Manchester United ataupun tim nasional Inggris.

Marcus Rashford mencatatkan 21 gol dan 9 assist dari 76 pertandingan bersama The Red Devils. Pertandingan melawan FC Basel (13/9/2017) akan menjadi debut bagi Rashford di ajang Liga Champions.

Sumber: allfootballapp

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer