Sukses


4 Tim Ini Lolos Fase Knock Out Liga Champions

Jakarta Klub-klub kontestan Liga Champions sudah jalani matchday keempat yang berlangsung pada Rabu dan Kamis (211/2017) dini hari WIB. Setiap persaingan di fase grup dilewati dengan penuh tensi karena semua berkepentingan ingin lolos ke fase gugur atau knock out.

Dari laga tersebut, seperempat tempat yang tersedia di babak gugur Liga Champions sudah terisi. Klub mana yang sudah pastikan lolos ke fase gugur?

Sedangkan 12 tempat lain diperebutkan 25 tim lain. Daftarnya mencakup Atletico Madrid, Barcelona, Chelsea, Borussia Dortmund, Juventus, Liverpool, Manchester United, hingga juara bertahan Real Madrid.

Para tim-tim tersebut dijamin akan habis-habisan pada dua pertandingan tersisa. Mereka tentu ingin menjaga peluang memperebutkan gelar paling bergengsi pada antarklub Eropa.

Terget berbeda diusung empat tim yang sudah memastikan tempat di babak gugur Liga Champions. Sembari berusaha mengamankan posisi juara grup di dua laga, mereka bisa menerapkan rotasi atau mengalihkan perhatian ke kompetisi domestik.

Siapa saja empat tim tersebut? Berikut daftarnya:

2 dari 5 halaman

Paris Saint-Germain

Striker PSG, Neymar, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Anderlecht pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (31/10/2017). PSG menang 5-0 atas Anderlecht. (AFP/Christophe Simon)

PSG tanpa kesulitan menunjukkan dominasi di Grup B. Mereka meraih kemenangan pada empat laga, mencetak 17 gol, dan belum kemasukan. Pasukan Unai Emery menghajar Glasgow Celtic (5-0), Bayern Munchen (3-0), dan Anderlecht (9-0).

Tidak ada tim sesubur PSG pada putaran grup. Mereka juga jadi satu-satunya tim yang belum kebobolan. Lewat 12 angka, PSG tidak mungkin terkejar Celtic yang baru mengoleksi tiga poin.

Kinerja terbaik PSG di Liga Champions adalah mencapai semifinal 1994/1995.

3 dari 5 halaman

Bayern Munchen

Raksasa Jerman dan Eropa meski tidak berdaya di hadapan PSG pada Grup B kompetisi musim ini. Munchen lolos berkat raihan sembilan poin.

Gelandang Bayern Munchen, Javier Martinez menyundul bola ke arah gawang Celtic pada pertandingan Grup B Liga Champions di Celtic Park, Selasa (31/10/2017). (AP/Andrew Milligan)

Robert Lewandowski dan kawan-kawan unggul atas Celtic berkat rekor pertemuan. Mereka meraih kemenangan pada dua pertemuan, yakni 3-0 dan 2-1.

Di tengah kesulitan pada fase grup, jangan pandang Munchen sebelah mata ketika babak gugur bergulir beberapa bulan mendatang. Mereka merupakan salah satu klub tradisional dengan jadi juara pada 1973/1974, 1974/1975, 1975/1976, 2000/2001, dan 2012/2013.

4 dari 5 halaman

Manchester City

Mengamankan tempat di 16 besar usai menaklukkan Napoli 4-2 di Stadio San Paolo, Kamis (2/11/2017) dini hari WIB. Kemenangan ini menjaga rekor 100 persen The Citizens di Grup F.

Pasukan Pep Guardiola sebelumnya menghajar Napoli (2-1) dan Shakhtar Donetsk (2-0) di Etihad Stadium, plus mempermalukan tuan rumah Feyenoord Rotterdam (4-0).

Pemain Manchester City merayakan gol Nicolas Otamendi ke gawang Napoli pada laga Grup F Liga Champions di Stadio San Paolo, Rabu (1/11/2017). (AFP/Carlo Hermann)

Berbekal dua kemenangan atas Napoli, Manchester City tidak mungkin disalip anak buah Maurizio Sarri yang menduduki peringkat tiga. Kedua klub dipisahkan enam poin. Sedangkan Shakhtar menempat posisi dua dengan sembilan angka.

Capaian terbaik Manchester City di Liga Champions adalah menembus semifinal 2015/2016.

5 dari 5 halaman

Tottenham Hotspur

Membuat kejutan di Grup H dengan menjadi tim pertama yang mengamankan tiket babak gugur. Sebab, Tottenham tidak memiliki pengalaman sebanyak Real Madrid dan Borussia Dortmund.

Namun kenyataan di lapangan bicara lain. Usai menumbangkan Dortmund (3-1), Tottenham sukses meraih empat nilai dari dua pertemuan versus Real Madrid (1-1, 3-1).

Keterpurukan Dortmund juga membantu Tottenham. Tim Jerman itu baru menghasilkan dua angka, sama seperti APOEL, dan tidak mungkin mengejar Spurs yang memiliki 10 poin. Sementara Real Madrid memiliki tujuh nilai.

Rapor terbaik Tottenham di kompetisi ini adalah masuk empat besar 1961/1962 ketika turnamen masih bernama Piala Champions.

Pemain Tottenham Hotspur, Christian Eriksen mencetak gol ke gawang Real Madrid pada pertandingan Grup H Liga Champions di Stadion Wembley, Rabu (1/11/2017). (AP/Matt Dunham)

Video Populer

Foto Populer