Sukses


    3 Pemain Paling Subur di Kualifikasi Piala Dunia 2018

    Jakarta Peru menjadi tim terakhir yang mengamankan tempat di Rusia. Menang agregat 2-0 atas Selandia Baru, Peru tampil di Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1982, atau kelima secara keseluruhan.

    Seperti diketahui, kualifikasi Piala Dunia 2018 resmi berakhir, Rabu (15/11/2017) atau Kamis (16/11/2017) WIB.

    Terdapat 208 negara melakoni 872 pertandingan kualifikasi. Laga pertama berlangsung 12 Maret 2015 mempertemukan Timor Leste dan Mongolia. Pemain Timor Leste, Chiquito do Carmo, tercatat sebagai pencetak gol pertama di penyisihan.

    Total kualifikasi menghasilkan total gol 2.454, atau 2,81 per pertandingan. Dari jumlah tersebut, muncul tiga nama yang bersanding di puncak klasemen top scorer kualifikasi Piala Dunia 2018. Berikut daftarnya.

    2 dari 4 halaman

    Robert Lewandowski

    Striker Polandia, Robert Lewandowski. (AP/Czarek Sokolowski)

    Pemain tersubur Polandia ini memimpin daftar top scorer kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan 16 gol. Lewandowski menghasilkannya dari 10 pertandingan.

    Dengan rata-rata 1,6 gol per partai, penyerang Bayern Munchen ini pun menjadi top scorer paling efektif. Dia tercatat mencetak hattrick saat melawan Denmark, Rumania, dan Armenia.

    Kontribusi Lewandowski pun membawa Polandia tampil di Piala Dunia untuk kedelapan kali, atau pertama sejak 2006.

    3 dari 4 halaman

    Mohammad Al-Sahlawi

    Seperti Lewandoski, Al-Sahlawi mencetak 16 gol. Hebatnya, dia cuma membutuhkan 15 pertandingan untuk mencapai angka tersebut.

    Penyerang Arab Saudi, Mohammed Al-Sahlawi. (AFP/Str)

    Ketajaman pada laga melawan Timor Leste jadi alasan mengapa Al-Sahlawi berada di daftar ini. Dia membukukan delapan gol dari dua pertemuan melawan negara tersebut.

    Pemain berusia 30 tahun ini membawa Arab Saudi kembali mengikuti Piala Dunia, sejak terakhir kali berpartisipasi pada 2006.

    4 dari 4 halaman

    Ahmed Khalil

    Penyerang Uni Emirat Arab, Ahmed Khalil. (AFP/Kazuhiro Nogi)

    Satu-satunya top scorer kualifikasi Piala Dunia 2018 yang produktivitasnya tidak membuahkan tiket turnamen utama. 

    Di antara pemain yang mencetak dua dijit gol pada penyisihan, pemain Uni Emirat Arab ini juga menjadi salah satu dari dua nama yang gagal tampil di Piala Dunia. Sosok yang bernasib sama dengannya adalah Omar Kharbin (Suriah).

    Sedangkan sisanya yakni Lewandowski (Polandia), Al-Sahlawi (Arab Saudi), Cristiano Ronaldo (Portugal), Tim Cahill (Australia), Romelu Lukaku (Belgia), Christian Eriksen (Denmark), Sardar Azmoun (Iran), Mile Jedinak (Australia), dan Edinson Cavani (Uruguay) membawa negara masing-masing berpartisipasi di Rusia.

    Khalil membukukan 16 gol dari 17 penampilan. Dia tercatat dua kali menghasilkan empat gol, saat bertemu Timor Leste dan Malaysia.

    Video Populer

    Foto Populer