Sukses


Ada Lippi di Balik Penunjukan Ventura Tangani Timnas Italia

Jakarta Presiden Komite Olahraga Nasional Italia, Giovanni Malago, mengungkap cerita di balik pengangkatan Giampiero Ventura sebagai pelatih Timnas Italia, usai Piala Eropa 2016 lalu. Menurutnya, FIGC menunjuk Ventura setelah mendapat masukan dari Marcello Lippi.

Lippi adalah pelatih legendaris Juventus yang sukses membawa timnas Italia juara Piala Dunia 2006. Ia kemudian sempat menangani Gli Azzurri pada Piala Dunia 2010, tapi gagal total.

FIGC sempat ingin menunjuk Lippi lagi tahun lalu. Namun, Lippi tidak siap dan malah memberikan nama Ventura sebagai kandidat utama.

"Ketika Antonio Conte memutuskan untuk meninggalkan Italia, kami memiliki masalah siapa yang harus ditugaskan jadi pelatih baru. Presiden FIGC Carlo Tavecchio telah memikirkan Roberto Donadoni, tapi dia terikat kontrak dengan Bologna," kata Malago seperti dilansir Football Italia.

"Ada kemungkinan Lippi, yang siap kembali dari Tiongkok. Tavecchio dan saya bertemu dengan Lippi di rumah saya. Lippi mengatakan kepada kami bahwa dia siap untuk kembali, tapi hanya untuk bertindak sebagai koordinator untuk semua tingkat sepak bola Italia."

"Kami mencapai kesepakatan, kami berjabat tangan. Lippi adalah seorang gentleman dan tuntutan finansialnya lebih rendah dari yang kami siap investasikan. Nama di meja itu adalah Ventura, Gianni De Biasi, Vincenzo Montella, dan Luciano Spalletti. Lippi meminta untuk berbicara dengan beberapa dari mereka dan kemudian mengatakan bahwa Ventura adalah pilihan tepat."

2 dari 3 halaman

Gagal Total

Gian Piero Ventura (doc. FIGC)

"Ketika kesepakatan dengan Lippi gagal, karena ada peraturan yang mencegahnya mendapatkan kontrak, karena anak laki-lakinya adalah seorang agen, Ventura telah bergabung, tapi tidak lagi memiliki referensi untuk bertukar pikiran dengan Lippi," Malago menambahkan.

Ventura gagal total di timnas Italia. Tanpa kehadiran Lippi, ia seperti kehilangan arah. Pada akhirnya, timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

3 dari 3 halaman

Ancelotti Kandidat Terkuat

Timnas Italia kini sedang mencari pelatih baru lagi. Kandidat terkuat adalah Carlo Ancelotti yang pernah sukses bersama AC Milan, Chelsea, PSG, dan Real Madrid.

Video Populer

Foto Populer