Sukses


Undian 16 Besar Liga Champions: Chelsea Paling Apes

Bola.com, London - Di antara lima wakil Inggris, Chelsea berada mengalami situasi paling apes setelah akan menghadapi Barcelona pada 16 besar Liga Champions 2017-2018.

Chelsea lolos ke 16 besar setelah finis sebagai runner-up Grup C, kalah bersaing dengan AS Roma yang menempati peringkat pertama. Chelsea juga menjadi satu-satunya wakil Inggris yang gagal menjadi juara pada fase grup.

Manchester City, Manchester United, dan Liverpool akan menghadapi Basel, Sevilla, dan Porto. Di atas kertas, peluang ketiga klub Inggris tersebut untuk lolos ke perempat final terbuka lebar.

Tottenham Hotspur, yang juga berstatus sebagai juara Grup H, akan menghadapi Juventus. Sayangnya, dibanding keempat wakil Inggris lainnya, Tottenham sejatinya tidak akan muluk-muluk menargetkan melangkah jauh di ajang Liga Champions, musim ini.

Berbeda dengan Chelsea yang sejak awal musim diproyeksikan berbicara banyak di ajang Liga Champions. Dana besar pun digelontorkan demi memboyong pemain-pemain anyar agar dapat bersaing dengan klub-klub papan atas Eropa lainnya.

Satu-satunya angin positif bagi Chelsea adalah catatan pertemuan dengan Barcelona. Chelsea memiliki catatan meraih empat kemenangan dari total 12 pertemuan di ajang Liga Champions, sedangkan Barcelona hanya mampu menang tiga kali.

Satu di antara kemenangan itu pun menjadi memori indah bagi Chelsea saat menghadapi Barcelona pada semifinal Liga Champions 2011-2012. Ketika itu, Chelsea menjadi juara setelah lebih dulu menyingkirkan Barcelona dengan agregat 3-2 pada empat besar.

Chelsea yang ditangani Roberto Di Matteo unggul agregat 1-0 lewat gol Didier Drogba pada pertandingan semifinal Liga Champions 2011-12.

Namun, apabila menilik performa tim, Barcelona tentu akan menjadi mimpi buruk bagi Chelsea. Belum lagi bicara soal kehadiran Lionel Messi, meski sang pemain belum pernah mencetak gol ke gawang Chelsea dalam delapan pertemuan terakhir.

Pada Liga Champions musim ini, Barcelona memulai dengan kemenangan melawan Juventus. Sepanjang fase grup, Barcelona juga tidak terkalahkan, dengan rincian empat kali meraih kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Performa Barcelona pada ajang La Liga juga cukup menawan. Mereka belum terkalahkan dan berada di peringkat pertama dengan keunggulan lima poin atas Valencia yang menempati posisi kedua.

Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Lionel Messi ke gawang Villarreal pada laga La Liga, di Stadion De La Cerramica, Minggu (10/12/2017). Barcelona menang 2-0 atas Villarreal. (AP/Alberto Saiz)

Lionel Messi, meski sudah berada dalam usia 30 tahun, akan tetap menjadi sosok menakutkan bagi setiap pemain di barisan belakang lawan mereka. Chelsea memiliki Eden Hazard. Namun, apabila dibandingkan, pengaruh Messi jauh akan lebih besar daripada bintang Belgia tersebut di lapangan.

Sementara itu, Chelsea melangkah ke 16 besar setelah finis sebagai runner-up Grup C. Andai saja mereka mampu meraih satu poin, tentu hasil undian akan berbeda. Bahkan, status runner-up tersebut sedikit menyakitkan lantaran Chelsea hanya kalah head to head dari AS Roma yang memiliki poin sama, 11.

2 dari 3 halaman

Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur membuat kejutan setelah mampu finis di atas Real Madrid pada klasemen akhir Grup H. Sejatinya, Spurs tentu berharap mendapatkan hasil undian lebih baik daripada menghadapi Juventus pada 16 besar.

Dibanding dengan wakil Inggris lain yang memang memiliki target khusus di ajang Liga Champions, Tottenham kiranya akan bermain tanpa beban melawan Juventus. Toh, bicara soal pengalaman tampil di ajang Liga Champions, skuat Juventus jauh lebih unggul karena masih memiliki pemain-pemain seperti Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Claudio Marchisio, hingga Mario Mandzukic.

Hal tersebut akan menjadi tantangan berat bagi pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, untuk memaksimalkan kemampuan para bintang mudanya ketimbang mencari celah kelemahan Juventus.

3 dari 3 halaman

MU, City, dan Liverpool

Selain kedua klub di atas, Premier League bisa bernapas lega karena Manchester City, Manchester United, dan Liverpool mendapat lawan relatif mudah. Manchester City sedang berada dalam performa terbaik setelah belum terkalahkan di ajang Premier League.

Teranyar, mereka menang 2-1 atas Manchester United di Old Trafford, akhir pekan lalu. Total, di semua ajang musim ini, Manchester City juga baru menelan satu kekalahan ketika menghadapi Shakhtar Donetsk pada laga terakhir Grup F.

Catatan tersebut tentu akan menjadi modal bagus bagi Manchester City saat menghadapi Basel. Juara Liga Swiss tersebut lolos ke 16 setelah finis sebagai runner-up Grup A, kalah bersaing dengan Manchester United yang menjadi juara.

Sementara itu, Manchester United juga mendapat lawan yang di atas kertas berada di bawah mereka, Sevilla. Namun, Manchester United wajib mewaspadai semangat juang Sevilla yang mampu dua kali menahan Liverpool pada Grup E.

Satu wakil Inggris lainnya yang tersisa adalah Liverpool. Skuat asuhan Jurgen Klopp akan menghadapi Porto pada 16 besar. Mengacu terhadap kualitas skuat, Liverpool tentu diprediksi tidak akan kesulitan melangkah ke perempat final.

Oleh karenanya, Premier League boleh berharap tiga wakilnya berpeluang besar mengamankan tempat pada perempat final, sembari juga tentunya berdoa agar Chelsea dan Tottenham Hotspur mampu mencari jalan keluar terbaik saat melawan Barcelona dan Juventus.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer