Sukses


Barcelona Tekuk Real Madrid di El Clasico

Madrid - Barcelona makin jauh meninggalkan Real Madrid di klasemen La Liga. Kepastian itu mencuat usai Los Azulgrana membungkam Los Galacticos 3-0 di laga El Clasico, Sabtu (23/12) di Stadion Santiago Bernabeu.

Pertandingan berjalan panas sejak awal. Real Madrid sudah menggebu-gebu menyerang pertahanan Barcelona sejak menit awal.

Menit ke-3, Cristiano Ronaldo sempat membuat fans bersorak. Namun sundulannya yang masuk ke gawang lawan dianulir karena dirinya sudah berdiri offside pada laga El Clasico ini.

Ronaldo kembali membuat peluang di menit ke-10. Namun dia gagal menyepak bola usai menerima umpan tarik Modric.

Barcelona sendiri baru membuka peluang pada menit ke-18. Mencoba manfaatkan umpan terobosan Sergi Roberto, tendangan Paulinho bisa dihentikan Casemiro.

Lagi, Paulinho membahayangkan gawang Real Madrid di menit ke-30. Namun tembakannya memanfaatkan umpan Messi masih bisa dimentahkan Navas.

Satu menit kemudian, giliran Real Madrid mengancam lewat Ronaldo. Tapi tembakannya lagi-lagi berhasil ditepis Ter Stegen.

Paulinho menjadi bintang buat Barcelona di babak pertama. Pada menit ke-39, dia kembali mendapatkan peluang tapi sundulannya ditepis Navas.

Di menit ke-42, Karim Benzema gagal maksimalkan peluang. Sundulannya masih mengenai tiang. Begitu juga peluang Messi di menit ke-45 saat mengeksekusi tendangan bebas.

Hingga babak 1 berakhir, duel Real Madrid vs Barcelona masih berjalan imbang 0-0.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Babak Dua

Selebrasi Lionel Messi Usai Jebol Gawang Real Madrid (AFP)

Real Madrid masih tampil ganas dengan mengambil inisiatif penyerangan di babak kedua. Ronaldo melepas tembakan keras di menit ke-47 tapi tembakannya masih melayang jauh di atas gawang.

Kegagalan Madrid selesaikan peluang harus dibayar mahal. Di menit ke-54, Barcelona sukses mencetak gol lewat Luis Suarez. Gol berawal dari pergerakan cepat Ivan Rakitic yang lalu melepas umpan kepada Sergi Roberto. Dia lalu melepas umpan kepada Suarez yang dengan kaki kanan sukses kecoh Navas.

Pertandingan lebih panas setelah gol Suarez. Messi membuka peluang tambahan gol untuk Barcelona di menit ke-57. Namun umpannya kepada Suarez tak berhasil jadi gol karena tembakan striker asal Uruguay itu menyamping

Serangan bertubi-tubi Barcelona membuahkan hasil di menit ke-64. Messi membuat skor berubah menjadi 2-0 lewat titik penalti.

Barcelona mendapatkan penalti setelah Dani Carvajal menahan bola tembakan Paulinho dengan tangan. Gol ini membuat Madrid makin limbung karena kehilangan satu bek.

3 dari 4 halaman

Tambah Penyerang

Luis Suarez membuat Barcelona unggul lawan Real Madrid di El Clasico pada menit ke-54 (JAVIER SORIANO / AFP)

 

Meski menarik Benzema dan diganti dengan Nacho, Madrid memasukkan dua pemain bertipikal menyerang yaitu Marco Asensio dan Gareth Bale. Namun pergantian ini belum juga mengubah keadaan untuk Madrid.

Bale mendapatkan peluang di menit ke-79. Namun tembakannya masih bisa diamankan oleh Ter Stegen. Messi mengamuk di 10 prtandingan terakhir.

Pada menit ke-88, dia melepas tembakan di kotak penalti tapi Navas masih tangguh untuk menepisnya. Pada menit ke-90, giliran Andre Gomes yang melepas tembakan yang melambung ke atas gawang.

Kejutan dicetak oleh Aleix Vidal. Dia mengubah skor berubah menjadi 3-0 untuk Barcelona meski baru masuk usai manfaatkan umpan Messi.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-1-3-2): Navas; Carvajal, Varane, Ramos,Marcelo; Casemiro; Luca Modric, Kovacic/Bale (72), Kroos; Ronaldo, Benzema/ Nacho (66)

Barcelona (4-4-2): Ter Stegen; Sergi Roberto/Aleix Vidal (90+3), Pique, Vermaelen, Alba; Paulinho/ Andre Gomes (84), Rakitic, Busquets, Iniesta/Semedo (76); Messi, Suarez

Video Populer

Foto Populer