Sukses


3 Hal yang Harus Dipelajari Rio Haryanto Jelang Tes F1 Abu Dhabi

Bola.com, Abu Dhabi - Rio Haryanto bakal menghadapi salah satu momen penting dalam kariernya saat berperan sebagai pebalap tim Formula 1 (F1) Manor Marussia untuk tes ban Pirelli di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (1/12/2015).

Tes ini bakal menjadi salah satu ujian apakah Rio layak bergabung dengan Manor musim depan. Dalam tes ini, Manor menunjuk Rio dan Jordan King sebagai development driver. Keduanya sama-sama berstatus sebagai pebalap GP2.

Mengingat impiannya tampil di arena F1 bakal dipertaruhkan dalam tes ini, Rio mengaku melakukan persiapan serius. Ada tiga hal utama yang harus dilakukan karena mengendarai mobil F1 generasi terbaru jelas tidak mudah, meskipun dia pernah dua kali menguji mobil Manor pada 2010 dan 2012.

“Yang pertama, sehari sebelum tes saya harus mengenali kokpit mobil F1. Kami mendapat briefing dari tim,” ujar Rio, saat dihubungi bola.com, melalui pesan singkat, Senin (30/11/2015).

Pengidola Ayrton Senna itu menambahkan mobil F1 generasi terbaru memiliki power unit yang berbeda signifikan dibandingkan dua mobil F1 yang pernah dicobanya.

“Jadi jelang tes saya akan belajar lebih jauh mengenai energy recovery system. Setelah itu saya akan memelajari dan beradaptasi dengan karakter mobil yang lebih bertenaga dibanding mobil GP2,” beber putra pasangan pengusaha Solo, Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati ini.

Ketertarikan Manor untuk merekrut Rio sebagai salah satu pebalap mereka musim depan sudah terungkap sejak beberapa bulan lalu. Namun, kesepakatan belum juga tercapai akibat kendala dana. Pihak Rio belum memiliki dana seperti yang diminta Manor sebagai syarat bergabung, senilai Rp 225 miliar. Saat ini, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut baru mengantongi sepertiga dari dana yang dibutuhkan, yang berasal dari Pertamina.

Namun, Rio belum menyerah. Manor dikabarkan bakal mengumumkan dua pebalap untuk 2016 seusai tes Abu Dhabi. Oleh karena itu, pebalap berusia 22 tahun tersebut bertekad tampil maksimal pada tes bersama Manor, besok. 

Selain Rio, ada tiga pebalap yang disebut-sebut bersaing keras memperebutkan tempat di tim yang mulai musim depan bakal didukung Mercedes dan Williams itu. Ketiganya adalah Alexander Rossi, Will Stevens, dan Pascal Whirlein. Dua nama pertama berstatus pebalap Manor saat ini, sedangkan Whirlein berstatus sebagai juara ajang DTM.

Video Populer

Foto Populer