Sukses


Tunggu Pengumuman Manor, Rio Haryanto Kini Punya 5 Pesaing

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia Rio Haryanto telah menyelesaikan tes ban Pirelli bersama tim Formula 1, Manor Marussia, di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (1/12/2015), dengan mulus. Terkait kepastiannya tampil di ajang Formula 1 musim depan, Rio kini hanya bisa menunggu putusan tim F1 yang bermarkas di Inggris tersebut.

Rio mengungkapkan peta persaingan masih sulit diprediksi. Namun, kini persaingan guna memperebutkan dua kursi di Manor semakin ketat. Total ada lima pesaing Rio yang juga mengincar bergabung dengan Manor.

“Seusai tes di Abu Dhabi, kami sempat berdiskusi dengan pihak Manor. Manajer saya Piers (Hunniset), saat ini masih berada di Abu Dhabi untuk bernegosiasi lagi dengan Manor,” kata Rio saat jumpa pers, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (2/12/2015).

“Manor saat ini masih menunggu kepastian dari saya. Sebenarnya deadline (menyerahkan dana senilai Rp 225 miliar) habis bulan lalu. Tapi mereka masih menunggu. Semoga dalam dua minggu ini bisa melangkah dan menandatangani kontrak dengan Manor. Tapi sampai kapan mereka menunggu, saya tidak tahu. Yang jelas harus secepatnya. Saat ini ada enam pebalap yang bersaing untuk bergabung dengan Manor, termasuk saya,” imbuh dia.

Sebelumnya, pesaing Rio dikabarkan hanya tiga pebalap, yaitu Alexander Rossi, Wills Stevens, dan Pascal Wehrlein. Namun, kini ada tambahan dua nama baru, Fabio Leimer dan Jordan King. Leimer saat ini berstatus sebagai reserve driver Manor, sedangkan Jordan King adalah putra salah satu bos Manor, Justin King.

“Yang jelas Stevens dan Rossi pernah membalap dengan Manor. Yang pasti mereka juga ditawari kontrak oleh Manor. Situasi mereka juga hampir sama dengan saya, masih butuh dukungan sponsor dan juga dukungan dari negara. Dua pebalap itu yang jadi saingan terberat. Siapa yang bisa menandatangani kontrak lebih cepat, dia yang dapat,” imbuh pebalap berusia 22 tahun tersebut.

Meski punya pesaing berat, Rio optimistis bisa bergabung dengan Manor dan tampil di arena F1 musim depan. Sepekan ini, Rio mengaku bakal bersantai terlebih dahulu, kemudian pada pekan berikutnya memulai kembali pencarian sponsor.

Setelah merampungkan tes di Abu Dhabi, Rio yang didampingi kedua orang tuanya, Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati langsung kembali ke Tanah Air. Mereka tiba di Jakarta, Rabu sekitar pukul 15.45 WIB. Setelah itu, kedua orang tua Rio melanjutkan perjalanan pulang ke Solo, Jawa Tengah. Sedangkan Rio terbang ke Singapura.

Video Populer

Foto Populer