Sukses


Nasib Rio Haryanto Tampil di F1 Ditentukan seusai Tahun Baru

Bola.com, Jakarta - Kepastian nasib pebalap Indonesia, Rio Haryanto, untuk tampil di ajang Formula 1 (F1) ditentukan seusai Tahun Baru 2016.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan hasil verifikasi oleh otoritas tertinggi F1, Federation Internationale de l'Automobile (FIA), kemungkinan baru keluar sepekan setelah pergantian tahun. Rio kini hanya bisa menunggu sembari berharap verifikasi tersebut hasilnya positif.

“Menurut Piers (manajer Rio, Piers Hunnisett), hasil verifikasi paling cepat baru ada seminggu setelah Tahun Baru,” ujar Indah kepada bola.com, Rabu (23/12/2015).

Kepastian Rio tampil di ajang balap jet darat paling bergengsi itu memang tinggal menunggu keputusan FIA. Pria berusia 22 tahun tersebut sebelumnya telah menandatangani kontrak dengan tim F1 Manor pada 14 Desember 2015.

Namun, kontrak tersebut belum menjamin Rio bisa turun di ajang F1 tahun depan. Keputusan terakhir tetap ada di tangan FIA.

Sembari menunggu, Rio telah beraudiensi dengan sejumlah pihak. Hal ini terkait pencarian dana sponsor untuk menggenapi kekurangan uang yang harus disetorkan ke Manor. Dari kebutuhan 15 juta Euro (Rp 224 miliar), Rio baru mengantongi 5 juta euro (Rp 74 miliar) yang berasal dari Pertamina.

Kekurangan yang dibutuhkan masih akan dicari oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang telah memberikan surat garansi kepada Manor terkait pengadaan dana. Selain beraudiensi dengan Kemenpora pada 17 Desember, Rio yang didampingi sang ibu dan Piers juga berkunjung ke Kementerian Pariwisata, pada 20 Desember.

“Iya kami memang beraudiensi dengan Kementerian Pariwisata. Pak Arief Yahya (Menteri Pariwisata) mengatakan akan membahas hal itu lebih lanjut,” ujar Indah.

Video Populer

Foto Populer