Sukses


FIA Dituding Anak Emaskan Max Verstappen

Bola.com, Spa-Francorchamps - Mantan juara F1, Jacques Villeneuve, menuding Federasi Otomotif Internasional (FIA) sengaja memberikan perlindungan khusus alias menganakemaskan pebalap Belanda, Max Verstappen. Klaim itu diutarakan Villeneuve, setelah FIA tak menjatuhkan sanksi apapun atas gaya membalap agresif Verstappen di F1 GP Belgia, Minggu (28/8/2016). 

Gaya membalap agresif tersebut disuguhkan Verstappen pada tikungan pertama lap pertama balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps. Saat itu, Verstappen bersenggolan dengan Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel. Akibatnya, ketiga pebalap itu melorot posisinya hingga kesulitan bersaing di depan.

Aksi Verstappen ini langsung panen kritikan dari para rival, termasuk Vettel dan Raikkonen. Menurut mereka, jika tak bersikap tenang dia berpotensi menyebabkan insiden besar di lintasan.  Namun, FIA tak menjatuhkan hukuman apapun kepada Verstappen. 

Villeneuve meyakini FIA seharusnya menjadi kunci dalam peristiwa ini. Menurut juara dunia F1 1997 tersebut, FIA tak memberikan hukuman karena Verstappen diplot sebagai salah satu bintang F1.

"Masalahnya ada di FIA, karena sepertinya dia mendapat proteksi dari FIA. Mereka ingin dia (Verstappen) jadi bintang," kata Villeneuve, seperti dilansir Motorsport, Selasa (30/8/2016). 

"Lihat di Jerman. Di meliuk-liuk di trek lurus, jadi Nico (Rosberg) telat mengerem. Mereka berdua melebar dari tikungan, Nico mendapat penalti. Dia mendapat hukuman, padahal dia tak bersalah. Jadi ada sesuatu yang salah. Saya tak tahu. Hal seperti itu membuat saya marah, tapi itulah yang terjadi. Dua puluh tahun lalu seseorang telah menempatkannya di pohon," imbuh pria Kanada itu.

Villeneuve mengklaim apa yang dilakukan Verstappen di GP Belgia benar-benar tak bisa diterima. "Itu sangat berlebihan. Tapi itu suatu balapan. Setiap pebalap yang ahli mengetahui jika Anda mengambil dari dalam, maka bakal ada insiden. Tak ada cukup ruang. Anda tahu itu," kata Villeneuve. 

"Jika Anda melakukan start buruk, terimalah. Santai saja. Anda tahu telah mengambil risiko terlalu besar dan itu tak perlu," sambung dia.   

Saat ditanya, apakah dia yakin Verstappen bakal membalap lebih tenang, Villeneuve memberikan jawaban lugas. "Tentu saja tidak. Mengapa? Setiap balapan dia semakin buruk."

Video Populer

Foto Populer