Sukses


Nico Rosberg Juara Dunia F1 2016

Bola.com, Abu Dhabi - Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, merebut titel juara dunia F1 2016 meski hanya finis kedua pada balapan GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, UEA, Minggu (27/11/2016). Rosberg finis 0,439 detik di belakang rekan setim sekaligus rivalnya dalam perebutan titel, Lewis Hamilton. Rosberg jadi juara dunia ke-33 sepanjang sejarah lomba jet darat.

Jelang Balapan

Balapan F1 GP Abu Dhabi menentukan juara dunia musim 2016 antara duo Mercedes Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Sebelum race, Rosberg unggul 12 poin atas Hamilton. Rosberg menang di Abu Dhabi pada 2015, sedangkan Hamilton naik podium teratas di Yas Marina pada 2011 dan 2014.

Rosberg berada di atas angin. Hamilton mesti naik podium untuk menjaga asa jadi juara dunia, itu pun masih tergantung hasil yang dicapai Rosberg.

Jika Hamilton menang, Rosberg hanya butuh finis ketiga. Kalau Hamilton finis kedua, Rosberg butuh finis keenam. Apabila Hamilton finis ketiga, Rosberg butuh finis kedelapan.

Hamilton diuntungkan karena start di depan Rosberg dari pole position. Namun, memulai balapan dari pole position tak menjamin pebalap bakal jadi juara di Yas Marina. Dari tujuh penyelenggaraan GP Abu Dhabi sejak 2009, hanya ada dua pebalap yang menang dari pole position, yaitu Sebastian Vettel pada 2010 dan Rosberg (2015).

Daniel Ricciardo (Red Bull) start dari grid ketiga di depan duo Ferrari, Kimi Raikkonen dan Vettel. Rekan Ricciardo, Max Verstappen, memulai balapan dari posisi keenam. Dua pebalap Force India, Nico Hulkenberg dan Sergio Perez, Fernando Alonso (McLaren), serta Felipe Massa (Williams) melengkapi pebalap yang start dari 10 terdepan. Dari 10 pebalap terdepan, cuma duo Red Bull yang memakai ban super-soft, sisanya menggunakan ban ultra-soft.

GP Abu Dhabi juga menandai balapan terakhir Massa dan kemungkinan besar juga Jenson Button (McLaren) sebelum pensiun. Button start dari posisi ke-12.

Jalannya Balapan (55 Lap)

Hamilton melakukan start dengan sempurna. Dia langsung memimpin di depan Rosberg selepas tikungan pertama. Raikkonen juga menyalip Ricciardo untuk merebut posisi ketiga.

Drama terjadi di belakang. Verstappen melintir karena bersenggolan dengan Hulkenberg, tapi dia masih bisa melanjutkan balapan meski melorot ke posisi terakhir (P22).

Kevin Magnussen (Renault) harus masuk pit untuk mengganti sayap depan. Hamilton unggul 0,6 detik atas Rosberg pada lap pertama.

Di belakang, Verstappen terus merangkak naik. Pada lap kelima, dia sudah berada di posisi ke-13 setelah menyalip Daniil Kvyat (Toro Rosso). Pada lap tersebut Hamilton memimpin satu detik di depan Rosberg. Kabar buruk menimpa Magnussen yang harus mundur pada balapan terakhirnya bersama Renault sebelum pindah ke Haas pada 2017.

Hamilton masuk pit untuk mengganti ban pada akhir lap ketujuh. Langkah Hamilton diikuti Raikkonen. Keduanya kini memakai ban soft. Saat balik ke trek, Hamilton ada di posisi ketujuh di depan Verstappen dan Raikkonen.

Nico Rosberg lalu masuk pit untuk memakai ban soft satu lap kemudian dan kembali ke trek di depan Raikkonen. Ricciardo memimpin di depan Perez dan Hamilton. Di pit, Bottas juga harus mundur dari lomba. Mundurnya Bottas memastikan Force India finis di posisi keempat klasemen konstruktor.

Pada lap ke-10, Ricciardo dan Perez masuk pit sehingga Hamilton kembali memimpin lomba. Rosberg ada di peringkat ketiga di belakang Verstappen dan diburu tiga pebalap, yaitu Raikkonen, Ricciardo, serta Vettel.

Pada lap ke-13, Button keluar trek karena mengalami masalah suspensi depan. Dia pun harus menelan kekecewaan mundur pada balapan terakhirnya di lomba jet darat. Saat keluar kokpit, Button mendapat standing ovation dari fans dan pelukan hangat dari sang bunda.

Kvyat jadi pebalap berikut yang harus out. Dia memarkir mobilnya di sisi trek pada lap ke-16 akibat masalah girboks dan memicu bendera kuning. Lucunya, Kvyat kembali ke paddock dengan menggowes sepeda.

Selepas lap 16, Hamilton masih memimpin dengan selisih 2,8 detik di depan Verstappen. Rosberg berada di posisi ketiga. Dalam kondisi ini, Rosberg hanya berjarak 40 lap lagi dengan gelar juara dunia F1 pertamanya.

Pada lap ke-19, Rosberg membuat manuver ciamik. Dia menyalip Verstappen pada tikungan 11 untuk merebut posisi kedua lewat duel sengit tapi bersih.

Usai dilewati Rosberg, Verstappen mengganti ban super-soft nya yang sudah berusia 22 lap dengan ban soft. Dia kemungkinan besar memakai strategi satu kali pit dan bisa mengancam lagi pada pengujung balapan. Saat kembali ke trek, dia berada di posisi kedelapan.

Setelah menyalip Verstappen, Rosberg terus memburu Hamilton yang memimpin sendirian di depan. Pada lap ke-23, selisih Rosberg dengan Hamilton masih empat detik lebih.

Pada lap ke-28, Hamilton masuk pit untuk memakai set ban soft baru. Rosberg pun untuk sementara memimpin lomba sebelum masuk pit satu lap berselang untuk memakai set ban yang sama dengan Hamilton. Saat kembali ke trek, Rosberg persis berada di belakang Hamilton dan berada di jalur yang tepat menuju gelar juara dunia.

Pada lap ke-31, Hamilton terlihat melambat. Dia seolah sengaja melakukannya agar duo Red Bull mendekat dan kembali mengancam Rosberg. Namun, di sisi lain Vettel semakin jauh memimpin di depan dengan keunggulan mencapai enam detik lebih. Pada titik ini, Vettel belum masuk pit lagi.

Vettel akhirnya masuk pit pada lap ke-38 dan kembali ke trek di posisi keenam di belakang duo Red Bull dengan ban super-soft. Dengan demikian, Hamilton kembali memimpin lomba dengan keunggulan 1,3 detik atas Rosberg.

Pada lap ke-42, Jolyon Palmer menabrak bagian belakang mobil Carlos Sainz. Akibat insiden itu, Sainz harus out karena girboksnya rusak. Di sisi lain, Palmer dapat penalti lima detik.

Vettel yang memakai ban lebih segar mulai menebar ancaman pada lap ke-46. Korban pertamanya adalah Ricciardo yang harus menyerahkan posisi keempat. Di depan, jarak antara Hamilton dan Rosberg kurang dari satu detik. Hamilton masih mencoba memperlambat tempo agar pebalap di belakang bisa mendekat.

Taktik Hamilton ampuh. Enam lap tersisa, empat pebalap terdepan hanya dipisahkan 2,9 detik. Hasil balapan masih sulit diprediksi.

Pada lap ke-51, Vettel sukses menyalip Verstappen di tikungan 11 untuk merebut posisi ketiga. Vettel lalu memburu Rosberg yang masih ditahan Hamilton. Tensi balapan semakin tinggi.

Dua lap tersisa, Vettel mencoba menyerang Rosberg, tapi gagal. Memasuki lap terakhir, posisi tak berubah.

Lewis Hamilton akhirnya memenangi lomba, tapi Nico Rosberg yang finis kedua yang merebut titel F1 2016. Rosberg mengikuti jejak sang ayah Keke yang sebelumnya jadi juara dunia F1 pada 1982. Keke-Nico Rosberg menjadi ayah-anak kedua yang jadi juara dunia F1 setelah Graham-Damon Hill. Sebastian Vettel melengkapi podium dengan finis ketiga. Felipe Massa menutup balapan terakhirnya sebelum pensiun dengan meraih dua poin hasil finis kesembilan.

Hasil Lengkap GP Abu Dhabi

Hasil Lengkap GP Abu Dhabi:

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 jam 38 menit 04,013 detik
2. Nico Rosberg (Mercedes) +0,439 detik
3. Sebastian Vettel (Ferrari) +0,843 detik
4. Max Verstappen (Red Bull) +1,685 detik
5. Daniel Ricciardo (Red Bull) +5,315 detik
6. Kimi Raikkonen (Ferrari) +18,816 detik
7. Nico Hulkenberg (Force India) +50,114 detik
8. Sergio Perez (Force India) +58,776 detik
9. Felipe Massa (Williams) +59,436 detik
10. Fernando Alonso (McLaren) +59,896 detik
11. Romain Grosjean (Haas) +76,777 detik
12. Esteban Gutierrez (Haas) +95,113 detik
13. Esteban Ocon (Manor) +1 lap
14. Pascal Wehrlein (Manor) +1 lap
15. Marcus Ericsson (Sauber) +1 lap
16. Felipe Nasr (Sauber) +1 lap
17. Jolyon Palmer (Renault) +1 lap

Gagal Finis

Carlos Sainz (Toro Rosso) 41 lap
Daniil Kvyat (Toro Rosso) 14 lap
Jenson Button (McLaren) 12 lap
Valtteri Bottas (Williams) 6 lap
Kevin Magnussen (Renault) 5 lap

Video Populer

Foto Populer