Sukses


13 Fakta yang Iringi Nico Rosberg Jadi Juara Dunia F1 2016

Bola.com, Abu Dhabi - Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, menjadi pebalap ke-33 yang menjadi juara dunia F1. Titel prestisius tersebut diamankan Rosberg seusai memenangi balapan dramatis GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (27/11/2016).

 

Ini merupakan kali pertama Rosberg menyabet titel juara dunia F1. Keberhasilan Rosberg sekaligus menghentikan laju rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang ingin memenangi titel F1 selama tiga musim beruntun.

Fakta menarik apalagi yang mengemuka menyusul pesta Nico Rosberg pada F1 2016 ini? Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir situs resmi MotoGP.

1. Rosberg merupakan pebalap ketiga asal Jerman yang menjadi juara dunia F1. Dia mengikuti jejak Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.

2. Rosberg, Schumacher, dan Vettel, total mengoleksi 12 titel juara dunia F1 dalam 24 musim terakhir. Sebelum Schumacher, Jerman tak memiliki juara dunia dalam 43 musim.

3. Jerman kini memiliki tiga juara dunia F1. Prestasi ini menyamai Brasil (Emerson Fittipaldi, Nelson Piquet, dan Ayrton Senna) serta Finlandia (Keke Rosberg, Mika Hakkinen, dan Kimi Raikkonen).

4. Tentang Keke Rosberg, titel Nico membuatnya masuk daftar ayah dan anak yang menjadi juara dunia. Mereka mengikuti jejak Graham dan Damon Hill.

5. Kebetulan, Keke juga merengkuh titel juara dunia menggunakan mobil bernomor 6, sama seperti Rosberg.

6. Rosberg harus menunggu lama untuk menjadi juara dunia. Dia tampil di F1 selama 11 musim beruntun sebelum merengkuh mahkota juara dunia. Itu merupakan penantian kedua terlama dalam sejarah F1, tepat di belakang Nigel Mansell (Inggris Raya), yang juara dunia setelah 12 musim tampil di F1.

7. Rosberg telah tampil dalam 206 Grand Prix, yang merupakan peringkat tertinggi start karier sebeum jadi juara dunia. Peringkat kedua ditempati Mansell (176 Grand Prix). Jenson Button dan Kimi Raikkonen juga masuk daftar empat besar dalam kategori ini, meraih titel juara dunia setelah 169 dan 120 GP.

8. Dominasi pebalap Mercedes tersebut pada musim ini sangat luar biasa. Dalam total 1.268 lap, dia menikmati 957 lap (75 persen) di posisi tiga besar.

9. Pondasi dari kesuksesan Nico Rosberg adalah penampilan pada awal musim, dengan meraih empat kemenangan beruntun.

10. Meskipun tak mampu mempertahankan supremasi tersebut sepanjang musim, Rosberg masih mampu memenangi sembilan seri lagi, hanya kalah satu kemenangan dari Hamilton. Michael Schumacher dan Sebastian Vettel masih menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim, yaitu 13 kali.

11. Performa Mercedes belakangan ini memang sangat impresif. Faktanya, mereka jadi tim keempat dalam sejarah (setelah McLaren, Ferrari, dan Red Bull), yang memiliki pebalap yang mampu memenangi titel juara dunia tiga musim beruntun.

12. Rosberg kini menjadi juara dunia ketiga yang dimiliki Mercedes, setelah Lewis Hamilton (2014, 2015), dan Juan Manuel Fangio (1954, 1955).

13. Yang terakhir, ini kali ketiga dalam sejarah titel juara dunia F1 harus ditentukan di Abu Dhabi. Kali ini, Nico Rosberg jadi pemenangnya. 

  • Nico Rosber merupakan pembalap profesional Formula One asal Jerman
    Nico Rosber merupakan pembalap profesional Formula One asal Jerman
    Nico Rosber merupakan pembalap profesional Formula One asal Jerman

    Nico Rosberg

  • Formula Satu musim 2016 akan menjadi musim ke-67 dari Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu, sebuah kejuaraan balap mobil untuk Mobil Formula Sat

    F1 2016

  • F1

Video Populer

Foto Populer