Bos Mercedes Beri Dukungan kepada Pascal Wehrlein

Oleh Oka Akhsan pada 04 Apr 2017, 12:45 WIB
Pascal Wehrlein

Bola.com, London - Bos Mercedes, Toto Wolff, memberikan dukungan penuh kepada Pascal Wehrlein yang kembali gagal debut bersama Sauber pada F1 2017. Sauber pada Senin (3/4/2017) mengumumkan Wehrlein yang merupakan pebalap junior Mercedes akan absen pada F1 GP China di Shanghai, 7-9 April 2017, karena belum fit untuk balapan.

Wehrlein sebelumnya juga melewatkan balapan pembuka musim ini di Melbourne, Australia, 26 Maret 2017, karena alasan yang sama. Sauber kembali menunjuk pebalap penguji Ferrari Antonio Giovinazzi sebagai pengganti Wehrlein.

"Saya mengerti perasaan Pascal karena dia selalu saja mengalami nasib buruk. Namun, di sisi lain saya juga terkesan dengan kedewasaan Pascal yang secara terbuka mengatakan kepada Sauber tak akan bisa tampil dalam performa terbaik di Melbourne. Untuk melakukannya Anda harus punya keberanian dan kesadaran altruisme. Berkat sifatnya itu dia menuai pujian dari seluruh anggota tim," kata Wolff seperti dikutip dari Reuters, Selasa (4/4/2017).

Pascal Wehrlein belum berada dalam kondisi fisik terbaik. Pebalap asal Jerman itu kurang latihan pada masa pramusim karena cedera punggung setelah mengalami kecelakaan pada ajang Race of Champions di Miami, AS, Januari 2017. Cedera tersebut memaksa Wehrlein absen pada tes pramusim pertama di Barcelona, Spanyol, 27 Februari-2 Maret.

Wehrlein sudah bisa tampil pada tes pramusim kedua sepekan kemudian dan ambil bagian pada dua sesi latihan bebas awal F1 GP Australia. Namun, pebalap berusia 22 tahun itu memilih mundur sebelum sesi latihan bebas ketiga karena merasa tak cukup fit untuk berlomba.

"Sekarang Pascal harus segera meningkatkan level kebugarannya dan kembali menjadi pebalap yang lebih kuat. Saya yakin ketika kembali ke kokpit, dia akan membuktikan masih tetap Pascal yang sama," ujar Wolff.

Sebelum membalap untuk Sauber, Pascal Wehrlein memperkuat Manor Racing dan sempat berduet dengan pebalap Indonesia, Rio Haryanto, pada F1 2016. Juara ajang balap mobil turing Jerman (DTM) 2015 itu berhasil menyumbang satu poin buat Manor, yang sekarang sudah gulung tikar, hasil finis ke-10 pada F1 GP Austria.