Sukses


F1 GP China: Hamilton Pole, Vettel Bakal Start di Depan Bottas

Bola.com, Shanghai - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, merebut pole position setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi F1 GP China, Sabtu (8/4/2017). Dia mengungguli Sebastian Vettel dan Valtteri Bottas yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Pada sesi kualifikasi ini, Hamilton mencatatkan waktu lap 1 menit 31,678 detik. Ini merupakan rekor baru lap tercepat di Sirkuit Internasional Shanghai. Sementara Vettel menorehkan waktu lap 1 menit 31,864 detik, unggul 0,001 detik atas Bottas.

Pebalap Haas F1, Romain Grosjean, menjadi yang pertama mengalami insiden pada babak kualifikasi ini. Dia gagal mengontrol mobilnya hingga melintir di tikungan terakhir.

Sebelum kualifikasi pertama berakhir, pebalap Sauber, Antonio Giovinazzi mengalami kecelakaan. Mobilnya melintir hingga menabrak dinding pembatas. Mobilnya pun rusak parah.

Giovinazzi tak mengalami luka serius. Dia pun tetap lolos ke babak kualifikasi kedua. Namun, akibat mobilnya rusak parah, pebalap yang menggantikan posisi Pascal Wehrlein tersebut tak mampu melanjutkan babak kualifikasi.

Nasib apes juga dialami Max Verstappen yang gagal melewati babak kualifikasi pertama. Pebalap asal Red Bull itu memang mengalami masalah pada mobilnya sehingga tak mampu mencetak waktu lap terbaik.

Pada kualifikasi pertama ini, pebalap yang juga tereleminasi adalah Stoffel Vandoorne, Grosjean, Joylon Palmer, dan Esteban Ocon.

Babak kualifikasi sempat ditunda beberapa menit karena trek harus dibersihkan akibat insiden yang melibatkan Giovinazzi.

Kualifikasi sesi kedua berjalan lebih mulus. Tak ada insiden yang terjadi.

Namun, ada fakta menarik yang terjadi pada sesi kali ini. Raikkonen sempat  mencetak rekor baru dengan mematahkan rekor lap tercepat yang sebelumnya dipegang legenda F1, Michael Schumacher. Dia menorehkan waktu lap terbaik 1 menit 32, 181 detik, lebih cepat dari milik Schumacher yaitu 1 menit 32, 238 detik.

Pada kualifikasi kedua ini, pebalap yang tereleminasi adalah Carlos Sainz Jr, Kevin Magnussen, Fernando Alonso, Marcus Ericsson, dan Giovinazzi yang memang tak mencatatkan waktu lap pada sesi kedua ini.

Perebutan pole position pada sesi kualifikasi ketiga berjalan seru. Pada awal sesi, Hamilton menjadi pebalap tercepat pada kualifikasi ketiga dengan 1 menit 31,902 detik. Catatan ini mematahkan rekor lap tercepat yang baru saja dipecahkan Raikkonen.

Pebalap asal Inggris itu kemudian mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 31,678 detik. Dia mempertahankan posisi sebagai pebalap tercepat pada sesi ketiga ini.

Di belakang Lewis Hamilton, ada Sebastian Vettel yang menorehkan waktu 1 menit 31,864 detik. Sementara Valtteri Bottas terpaut 0,001 detik dari pebalap Ferrari itu.

Hasil kualifikasi F1 GP China, Sabtu (7/4/2017). (Twitter/F1)

Video Populer

Foto Populer