Sukses


Garry Horner: Sean Gelael Berpeluang Tampil di F1

Bola.com, Sakhir - Pemilik tim Pertamina Arden, Garry Horner, sangat mengapresiasi bakat pebalap Indonesia, Sean Gelael. Ayah kandung bos tim Red Bull, Christian Horner, itu yakin Sean bisa mengikuti jejak beberapa mantan pebalap Arden yang berkiprah di F1.

Sepanjang sejarah, sudah ada tujuh pebalap yang pernah membela Arden sebelum membalap di F1. Mereka adalah Carlos Sainz dan Daniil Kvyat (Toro Rosso), Sergio Perez (Force India), Jolyon Palmer (Renault), Heikki Kovalainen (eks Renault, McLaren, Lotus, dan Caterham), serta Sebastien Buemi (eks Toro Rosso).

"Peluang Sean mengikuti jejak pendahulunya cukup terbuka. Apalagi Sean kini sudah dipercaya menjadi pebalap penguji tim F1 Toro Rosso," kata Garry Horner dalam rilis yang diterima Bola.com, Selasa (18/4/2017).

Pada 2017, Sean membalap untuk tim Pertamina Arden pada ajang F2. Selain tampil reguler di F2, Sean juga mendapat kepercayaan untuk menjadi pebalap penguji Toro Rosso pada tes tengah musim di Sakhir, Bahrain (18-19 April) dan Hungaroring, Hungaria (1-2 Agustus) serta tes selepas seri penutup di Yas Marina, Abu Dhabi, UEA (28-29 November).

Sean membuat sejarah dengan menjadi orang pertama di luar pebalap binaan Red Bull yang menjadi pebalap penguji Toro Rosso.

Menurut Garry, Toro Rosso memilih Sean sebagai pebalap penguji karena dia dianggap memiliki intelegensia yang tinggi. Garry mengatakan Sean punya kemampuan mengenal karakter mobil dengan baik dan cepat serta memberikan masukan yang tepat kepada tim mekanik dan engineer.

"Sean Gelael dinilai bisa membantu perkembangan sebuah tim balap. Secara tidak langsung hal ini sekaligus membuktikan kalau Sean punya potensi yang besar," ujar Garry.

Pada tes F1 di Bahrain, Sean akan turun pada hari pertama, Selasa (18/4/2017). Tes nanti sekaligus menandai debut Sean ngebut di balik kokpit jet darat.

Sean akan memakai mobil STR12 milik Kvyat yang baru turun lintasan pada hari kedua, Rabu (19/4/2017), bergantian dengan Sainz. Pebalap binaan tim Jagonya Ayam, Antonio Giovinazzi, juga akan melakukan tes bareng Ferrari. Lewis Hamilton (Mercedes) dan Daniel Ricciardo (Red Bull) juga ambil bagian pada hari pertama tes.

"Alhamdulillah, semangat untuk tes bersama Toro Rosso," kata Sean.

Sean sudah bergabung dengan tim Toro Rosso sejak Senin (17/4/2017) selepas mengikuti balapan F2 di Sakhir. Dia telah berdiskusi dengan engineer dan tim mekanik untuk perkenalan mobil STR12.

Pada tes F1 di Bahrain, Sean Gelael diharapkan bisa memberikan masukan yang bersifat membangun kepada engineer dan tim mekanik Toro Rosso untuk membantu pengembangan STR12. Sean akan turun dalam dua sesi, pagi dan sore.

Video Populer

Foto Populer