Fernando Alonso Ikut Balapan Indy 500, Bos Baru F1 Galau

Oleh Oka Akhsan pada 05 Mei 2017, 14:17 WIB
Fernando Alonso

Bola.com, Madrid - Bos baru F1, Chase Carey, buka suara soal keputusan pebalap McLaren, Fernando Alonso, yang lebih memilih ikut balapan Indianapolis atau Indy 500 ketimbang tampil pada GP Monako. Menurut Carey, penampilan dua kali juara dunia lomba jet darat itu pada seri balap ajang IndyCar memberikan dampak positif dan negatif.

"Perasaan saya campur aduk. Saya tentu lebih senang melihat Fernando balapan di Monako dengan mengendarai mobil yang punya potensi memenangi balapan. Namun, sepertinya hal itu tak akan terjadi dalam waktu dekat," kata Carey kepada media Spanyol seperti dikutip dari Autoweek, Jumat (5/5/2017).

"Saya memahami motif Fernando yang ingin mencari tantangan baru agar terus termotivasi sebagai pebalap. Karena itu, saya menghormati keputusannya. Lagi pula hal ini menguntungkan F1 untuk menjangkau pasar Amerika. Pada era Bernie Ecclestone, F1 selalu mengatakan tidak buat banyak hal. Kini kami mencoba lebih terbuka," ujar Carey.

Meski penampilan Alonso di IndyCar berpotensi memberikan keuntungan buat F1, Carey tetap kecewa. Jika boleh memilih, dia lebih ingin Alonso balapan di sirkuit jalan raya Monako ketimbang di trek oval Indianapolis Motor Speedway (IMS).

"Kepindahan salah satu pebalap bintang ke ajang balap lain meski cuma satu balapan bukan sesuatu yang ideal. Saya sangat menyayangkan situasi yang tak biasa ini, terutama untuk timnya dan kami sebagai penyelenggara F1," kata Carey.

Fernando Alonso akan absen pada balapan F1 GP Monako karena jadwalnya bentrok dengan Indy 500, yaitu pada 28 Mei. Pebalap asal Spanyol itu sudah melakukan tes di IMS, pada Rabu (3/5/2017).