Michael Schumacher Dapat Kompensasi Berita Hoax Rp 733 Juta

Oleh Oka Akhsan pada 06 Mei 2017, 18:02 WIB
Michael Schumacher

Bola.com, Hamburg - Pengadilan regional Hamburg pada Jumat (5/5/2017) memerintahkan majalah Jerman, Bunte, untuk membayar uang kompensasi sebesar 50 ribu euro atau sekitar Rp 733 juta kepada Michael Schumacher karena telah membuat berita hoax terkait kondisi legenda F1 tersebut.

Bunte pada edisi Desember 2015 atau dua tahun setelah Schumacher mengalami cedera kepala akibat kecelakaan saat bermain ski, memuat sebuah artikel di halaman muka dengan judul yang bombastis: "Ini lebih dari Keajaiban Natal -- Michael Schumacher bisa berjalan lagi".

Keluarga Schumacher kebakaran jenggot dengan berita Bunte. Mereka pun menyeret majalah itu ke meja hijau dan meminta kompensasi sebesar 100 ribu euro (Rp 1,5 miliar rupiah).

Pengadilan regional Hamburg mengabulkan tuntutan keluarga Schumacher. Mereka memvonis Bunte bersalah karena telah melanggar privasi Schumacher.

"Bunte telah membuat berita yang tidak benar," kata hakim pengadilan Simone Kaefer seperti dikutip dari AFP, Sabtu (6/5/2017).

Dasar dari putusan hakim adalah fakta bahwa Schumacher sampai saat ini tak bisa berjalan. Pastinya Schumacher juga tak bisa berjalan saat Bunte mencetak majalah yang memuat artikel tentang juara dunia F1 tujuh kali itu.

Namun, pengadilan hanya memerintahkan Bunte membayar kompensasi sebesar setengah dari tuntutan awal keluarga Schumacher serta menanggung seluruh biaya pengadilan. Pengadilan beralasan Bunte sudah melakukan riset dan mencantumkan sumber berita dalam menulis artikel tersebut.

Michael Schumacher belum muncul lagi di hadapan publik sejak mengalami kecelakaan saat bermain ski di French Alps pada Desember 2013 dan menderita cedera kepala parah. Saat ini, legenda F1 itu menjalani perawatan di kediamannya di Jenewa, Swiss. Pihak keluarga sejauh ini terkesan tertutup dan hanya memberikan sedikit informasi terkait kondisi Schumacher.