Valtteri Bottas Ungkap Resep Cepat Beradaptasi di Mercedes

Oleh Yus Mei Sawitri pada 07 Mei 2017, 11:15 WIB
Valtteri Bottas

Bola.com, Jakarta - Pebalap Finlandia, Valtteri Bottas, mengatakan keputusan tak memboyong kru Williams menjadi faktor kunci yang membuatnya beradaptasi dan berkembang cepat di tim barunya, Mercedes.

Sang pebalap digaet Mercedes pada Januari 20017 untuk menggantikan Nico Rosberg yang pensiun mendadak. Dia tak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan standar Mercedes. Setelah mengukir pole position pada GP Bahrain, Bottas akhirnya mencicipi kemenangan perdana di GP Rusia, pada 30 April.

Tak seperti sejumlah pebalap yang membawa kru lama ke tim baru, Bottas punya pendekatan berbeda. Dia memilih menjalani petualangan baru dengan kru yang sebelumnya bekerja untuk Rosberg, Tony Ross dan Marcus Dudley.

"Ini (tak membawa kru Williams) adalah sesuatu yang saya putuskan sejak awal. Saya mendapat informasi bakal bekerja dengan Tony dan Marcus yang merupakan kru Nico," kata Bottas, seperti dilansir Motorsport, Minggu (7/5/2017).

"Jadi saya pikir itu bakal sempurna, karena saya bisa belajar banyak dari mereka. Mereka akan membantu saya untuk belajar bagaimana kerja tim. Saya rasa itu yang terbaik."

Bottas mengatakan sistem kerja di Mercedes dan Williams memang berbeda. Namun, menurut Bottas itu bukan fakta aneh karena setiap orang atau tim pasti punya pendekatan berbeda.

"Setiap tim melakukan pendekatan berbeda dalam hal rapat, sistem, pekerjaan, dan lain-lain. Tentu saja, saya harus beradaptasi dengan cara kerja tim ini," terang Bottas.

"Itulah salah satu alasan mengapa saya tak memaksa seorang pun dari Williams untuk pindah bersama saya. Saya ingin mengawali dengan orang-orang berpengalaman di sini, karena mereka tahu yang terbaik di tim ini," sambung Valtteri Bottas.