F1 GP Spanyol: Hamilton Asapi Vettel, Raikkonen-Bottas Out

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 14 Mei 2017, 20:44 WIB
Lewis Hamilton - Sebastian Vettel

Bola.com, Catalunya - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjadi juara balapan F1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (14/5/2017), setelah mengalahkan rivalnya, Sebastian Vettel. Sementara Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas tak menyelesaikan balapan karena masalah yang berbeda.

Hamilton mampu unggul 3,4 detik atas Vettel yang menyelesaikan balapan di posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, yang terpaut 1 menit 23,456 detik dari Hamilton.

Drama sudah terjadi pada lap pertama. Kimi Raikkonen harus mengakhiri balapan lebih cepat setelah terlibat insiden senggolan dengan Bottas. "Seseorang menyenggol saya di bagian belakang," ujar Raikkonen lewat kontak radio.

Jika Raikkonen terhenti, Bottas tetap melanjutkan balapan. Bahkan pebalap Finlandia itu menempati posisi ketiga di belakang Vettel dan Hamilton.

Tak lama berselang, giliran Fernando Alonso dan Felipe Massa yang terlibat insiden. Menariknya, kejadian ini berlangsung di tempat yang sama. Peristiwa ini pun dinyatakan dalam investigasi pengawas balapan.

Pada lap ke-15, vettel melorot ke posisi empat setelah melakukan pit stop pertamanya. Pada lap ke-21, giliran Hamilton yang masuk pit. Hal ini membuat Bottas berada di posisi terdepan karena belum melakukan pit stop.

Persaingan sengit terjadi antara Bottas dan Vettel yang berada di posisi kedua. Pada lap ke-25, insiden sempat terjadi namun tak sampai membuat Bottas dan Vettel kecelakaan. Tak lama berselang, Vettel kemudian berhasil menyalip Bottas untuk menjadi pemimpin lomba.

Nasib apes dialami Stoffel Vandoorne. Pebalap McLaren ini harus mengakhiri balapan di gravel setelah nyaris bersenggolan dengan Massa pada tikungan pertama.

Pada lap ke-39, giliran Bottas yang harus mengakhiri balapan lebih cepat. Mesin jet daratnya jebol dan mengeluarkan asap. Bendera kuning pun kembali dikibarkan.

Pada lap ke-44, Hamilton berhasil menyalip Vettel. Pebalap asal Jerman itu tampak melambat karena bermasalah dengan ban.

Masalah ban membuat Vettel kian tertinggal jauh dari Hamilton. Pada lap ke-50, selisih pebalap Ferrari tersebut dengan Hamilton mencapai dua menit.

Hamilton terus menjaga keunggulannya atas Vettel. Meski pebalap asal Jerman itu mampu memangkas jarak, Hamilton tetap mempertahankan posisi terdepan hingga garis finis.

Hasil lengkap balapan F1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (14/5/2017):
1. Lewis Hamilton Mercedes 66 laps
2. Sebastian Vettel Ferrari +3,4 detik
3. Daniel Ricciardo Bull +1 menit 23,456 detik
4. Sergio Perez Force India +1 lap
5. Esteban Ocon Force India +1 lap

6. Nico Hulkenberg Renault +1 lap
7. Carlos Sainz Toro Rosso +1 lap
8. Pascal Wehrlein Sauber +1 lap *
9. Daniil Kvyat Toro Rosso +1 lap
10. Romain Grosjean Haas +1 lap

11. Marcus Ericsson Sauber +2 lap
12. Fernando Alonso McLaren +2 lap
13. Felipe Massa Williams +2 lap
14. Kevin Magnussen Haas +2 lap
15. Lance Stroll Williams +2 lap
16. Jolyon Palmer Renault +2 lap

Tak Finis
Valtteri Bottas Mercedes
Stoffel Vandoorne McLaren
Kimi Raikkonen Ferrari
Max Verstappen Red Bull

* Pascal Wehrlein mendapat penalti lima detik