Sukses


F1 GP Baku: Sejumlah Drama Warnai Kemenangan Ricciardo

Bola.com, Baku - Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, menjadi juara pada balapan F1 GP Baku, Minggu (25/6/2017). Sementara Sebastian Vettel mengungguli Lewis Hamilton dalam perebutan posisi keempat.

Ricciardo menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis setelah melahap 51 lap. Dia unggul 3,904 detik dari Valtteri Bottas (Mercedes) dan 4,009 detik dari Lance Stroll (Williams).

Bagi Ricciardo, ini merupakan kemenangan perdana pada musim ini. Sementara Stroll juga menciptakan sejarah dengan naik podium untuk pertama kalinya dalam kariernya pada ajang F1.

Sementara itu, Vettel berhasil memenangi persaingan ketat dengan Hamilton dalam perebutan posisi keempat. Pebalap Ferrari itu unggul 0,212 detik dari Hamilton.

Banyak terjadi drama pada balapan ini. Beberapa pebalap bertumbangan pada awal balapan karena alasan yang berbeda.

Pada lap pertama, Bottas dan Carlos Sainz sudah terlibat insiden. Beruntung mereka masih mampu melanjutkan balapan.

Joylon Palmer (Renault) dan Daniil Kvyat (Toro Rosso) menjadi dua pebalap pertama yang harus mundur dari persaingan di Baku. Pada lap ke-13, giliran Max Verstappen (Red Bull) yang mengalami nasib sama.

Pada lap ke-20, Hamilton dan Vettel terlibat drama. Mobil keduanya bersenggolan saat safety car masih berada di lintasan. Insiden ini membuat Vettel mendapat hukuman penalti.

Lomba kemudian sempat diberhentikan sementara karena bendera merah dikibarkan. Ini menyusul insiden yang melibatkan mobil Esteban Ocon (Force India) dan Kimi Raikkonen (Ferrari).

Saat balapan kembali dimulai, Ricciardo berada di depan memimpin pebalap lainnya.

Massa harus mengakhiri balapan lebih cepat. Dia tak mampu melanjutkan balapan karena mengalami masalah mesin pada lap ke-26.

Hamilton sempat memimpin balapan pada lap ke-25, diikuti Vettel. Namun, posisi keduanya kembali melorot jauh pada lap ke-32.

Pada lap ini, Hamilton dan Vettel banyak kehilangan waktu. Mereka terpaksa masuk pit untuk alasan berbeda. Hamilton masuk pit untuk mengganti salah satu bagian mobilnya, sementara Vettel karena mendapat penalti 10 detik.

Drama kembali terjadi jelang garis finis. Ricciardo memang tetap mempertahankan posisi pertama. Namun, posisi kedua berhasil direbut Bottas, beberapa centimeter jelang finis. Pebalap asal Finlandia itu dengan brilian menyalip Stroll.

Hasil balapan F1 GP Baku, Minggu (25/6/2017):

1. Daniel Ricciardo Red Bull 51 laps
2. Valtteri Bottas Mercedes +3,904 detik
3. Lance Stroll Williams +4,009 detik
4. Sebastian Vettel Ferrari +5,976 detik
5. Lewis Hamilton Mercedes +6,188 detik

6. Esteban Ocon Force India +30,298 detik
7. Kevin Magnussen Haas +41,753 detik
8. Carlos Sainz Toro Rosso +49,400 detik
9. Fernando Alonso McLaren +59,551 detik
10. Pascal Wehrlein Sauber +1 menit 26,573 detik

11. Marcus Ericsson Saube +1 menit 29,550 detik
12. Stoffel Vandoorne McLaren +1 menit 30,041 detik
13. Romain Grosjean Haas +1 lap

Gagal finis

Kimi Raikkonen Ferrari
Sergio Perez Force India
Felipe Massa Williams
Nico Hulkenberg Renault
Max Verstappen Red Bull
Daniil Kvyat Toro Rosso
Jolyon Palmer Renault 

Video Populer

Foto Populer